Robot Atlas dari Boston Dynamics, Robot Parkour Pertama di Dunia

Robot-robot karya boston Dynamic

Robot Atlas dari Boston Dynamics, Robot Parkour Pertama di Dunia. Parkour identik dengan gerakan yang dinamis. Berlari, melompat, berguling-guling, salto… Hal yang akan sangat sulit dilakukan oleh robot. Jangankan berlari dan melompat¬†apalagi salto, untuk berdiri di atas dua kaki saja robot masih kesulitan melakukannya. Kalaupun ada yang sudah bisa berjalan dengan dua kaki, dipastikan jalannya seperti siput yang sudah renta. Tengok saja robot Asimo buatan Honda.

Asimo
Asimo

Tapi itu dulu, saat ini perkembangan teknologi robotik makin hari makin menunjukkan kemajuan yang signifikan. Seperti apa yang diperlihatkan oleh Boston Dynamic lewat robot bernama ATLAS. Tidak hanya berdiri dengan dua kaki saja, namun robot ATLAS ini juga sudah bisa melakukan gerakan-gerakan dasar dalam olahraga parkour. Melalui teknologi yang dikembangkan oleh Boston Dynamic, robot ATLAS ini bisa berlari dengan relatif cepat dan juga bisa melompati obyek dengan sangat mudah. Gerakannya pun lebih smooth alias tidak kaku seperti robot-robot pendahulunya. Nyaris menyerupai manusia. Hebatnya lagi, robot ATLAS juga bisa salto.

Robot ATLAS, bisa berlari, meloncat bahkan salto
Robot ATLAS, bisa berlari, meloncat bahkan salto

Robot ATLAS memiliki berat penuh sebesar 80kg, hampir sama dengan berat manusia dewasa pada umumnya. Dilengkapi dengan piranti mekanik dan elektronik yang sangat rumit membuat robot ATLAS ini memiliki kemampuan layaknya manusia. Dia bisa melewati log kayu dengan sangat mudahnya dan kemudian melompat dari sati box ke box yang lain juga dengan sangat entengnya. Sebuah pencapaian luar biasa dari Boston Dynamics, dimana teknologi robotik bergeser ke level (baru) yang lebih tinggi.

Lihat aksinya di video berikut…

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Cart
  • No products in the cart.