Yakin, All New Honda PCX Lokal Bakal Nabokin Yamaha NMax !!!

Yamaha NMax coba bersiap bertahan dari gempuran New Honda PCX lokal
Yamaha NMax coba bersiap bertahan dari gempuran New Honda PCX lokal (gridoto.com/motorplus)

Yakin, All New Honda PCX Lokal Bakal Nabokin Yamaha NMax !!! Bukannya mau menutup mata dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh Yamaha NMax, namun secara feeling orang yang sukanyamotor ini memprediksi secara kasar bin ngawur berdasarkan kisah-kisah legenda dalam sejarah persepeda motoran Indonesia, bahwa karakter konsumen di kelas ini ya masih begitu-begitu saja, bahwa… brand is almost everything. Mo keren, mo kenceng, mo valued abis… di kelas ini motor ya (masih) Honda. Selama masih ada opsi dari warung sayap sebelah ini ngapain juga mampir ke warung yang lain.

Honda PCX Hybrid
Buat ilustrasi saja, ini Honda PCX Hybrid (gridoto.com)

Meskipun secara overall boleh dibilang Yamaha NMax unggul segala-galanya dari All New Honda PCX. Bayangkan saja rem ABS vs rem CBS, Rear disk brake vs drum brake, kaki-kaki NMax lebih besar dari PCX (depan 90vs110, belakang 130vs100)  dan yang paling superior adalah sektor mesin dimana mesin Yamaha NMax 155cc ber-VVA melawan mesin Honda PCX SOHC 150cc jadul dengan (hanya) dua klep… alamaaakkk..!!! menyangkut hal ini, sekedar saran saja, jangan pernah mengadunya di jalan, bakalan bikin malu. Kesimpulannya, secara spek All New Honda PCX Lokal bukanlah lawan yang seimbang buat Yamaha NMax.

artikel terkait >>>  [UPDATE] AHM RILIS SPEK ALL NEW HONDA PCX LOKAL, YAMAHA NMAX BAKALAN MAKIN MERANA <<<

Sejarah Honda CBR150R vs Yamaha R15

Honda CBR150R merajai penjualan sport fairing sepanjang tahun 2017
Honda CBR150R merajai penjualan sport fairing sepanjang tahun 2017 (motorbloginfo.wordpress.com)

Tapi itu hanya data/fakta OBYEKTIF yang ada pada masing-masing motor. Diprediksikan All New Honda PCX bakalan (tetap mampu) nabokin Yamaha NMax secara penjualan. Masih ingatkan ketika Yamaha awal kali memasukkan Yamaha R15 ? waktu itu Honda CBR150 masih impor utuh alias CBU dari Thailand. Bahkan, harganya sempat menyentuh Rp. 42juta, masih lebih mahal dari Kawasaki 250SL. Sebelum dilokalin ini motor gak sanggup bicara apa-apa di depan Yamaha R15. Hingga tiba waktunya AHM melokalkan si sport fairing 150cc ini. Seketika riwayat Yamaha R15 tamat.

Yamaha YZF R13 V3.0, sport fairing 150cc tercanggih saat ini
Yamaha YZF R13 V3.0, sport fairing 150cc tercanggih saat ini

Sampaipun Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis All New Yamaha YZF R15 V3.0 dengan seabreg fiture dan teknologi tetep masih belum mampu membungkam Honda CBR150R yang tampil ala kadarnya. Rayuan shock USD, banana swing arm, mesin 155cc plus VVA nyata-nyata tak mampu membuat biker sini kepincut dan beralih dari Honda CBR150R yang hanya bershock depan biasa, swing arm kotak seadanya dan mesin DOHC banci yang gak sanggup menjerit pada rpm tinggi. Alhasil penjualan Honda CBR150R masih merajai.

Sejarah Runtuhnya Dinasti Suzuki Satria 150

Motor yang kuwencengnya kebangetan
Motor yang kuwencengnya kebangetan

Lalu ada lagi, kisah di kelas ayam jago. Tahu dong betapa legend-nya Suzuki Satria 150 di kalangan anak muda (alay) ?

nggak FU nggak rindu. nggak FU nggak padamu.

Ayago bikinan pabrik berlogo huruf S ini sangat populer di kalangan anak muda. Sangat laris manis. Namun begitu muncul Honda Sonic 150 peta persaingan langsung berubah. The living legend Satria Fu 150 KO.

Mau se-legend apapun, tetap takluk sama Honda Sonic 150
Mau se-legend apapun, tetap takluk sama Honda Sonic 150 (http://warungasep.net)

Sampaipun muncul Suzuki Satria 150 FuFi yang sudah injeksi dan jauh lebih bertenaga, tetap tak mampu menggeser penjualan Honda Sonic 150. Apakah karena Honda Sonic 150 lebih kenceng, lebih superior dari Suzuki Satria 150 Fufi ? Pertanyaan yang mungkin hanya akan jadi bahan ketawaan oleh punggawa klub Satria. Ibarat kata, silahkan Honda Sonic 150 lari duluan toh nanti pasti ketinggalan…

Sejarah Kudeta Honda BeAT terhadap Yamaha Mio

Yamaha Mio, raja metik jaman perjuangan
Yamaha Mio, raja metik jaman perjuangan

Kemudian kisah jatuhnya Yamaha Mio dari singgasana metik nasional. Ketika Astra Honda Motor (AHM) mengeluarkan Honda Vario, Yamaha Mio masih tak bergeming. Lalu muncul Honda BeAT yang secara dimensional dan fungsional identik dengan Yamaha Mio. Perlahan tapi pasti, penjualan Honda BeAT bisa mengungguli Yamaha Mio dan merebutnya, hingga detik ini. Sampaipun YIMM menaikkan spek Yamaha Mio menjadi 125cc, tetap tak mampu Mengungguli Honda BeAT.

Sejarah BeAT Street vs Yamaha X-Ride

Salut daahhh… (http://warungasep.net)

Begitupun yang terjadi pada Honda BeAT Street. Kalau dibandingin dengan Yamaha X-Ride, Honda BeAT Street hanya motor apalah-apalah. Cuman Honda BeAT biasa diganti stang baplank sudah itu saja plus speedometer digital, biasa, gak ada yang wow. Tapi dengan effort ala kadarnya itu saja Honda BeAT Street sudah mampu melibas Yamaha X-Ride kok, lha ngapain juga dibikin spek wah ? gak venting vanget kan vroohh…?

Yamaha MX King

Lho, tapi itu Honda Supra 150 kok penjualannya masih kalah sama Yamaha MX King ? kalau menurut orang yang sukanyamotor ini, pada case ini AHM (sepertinya) masih berbaik hati laahh sama YIMM. Biar bergembira dulu, hura-hura dulu, kivas-kivas dolar dulu. Sampai saat Honda Supra 150 dibikin mirip Yamaha MX King secara fisik, layaknya cerita Honda CB150R old, maka dipastikan kisah ke’KING’-an Yamaha MX King akan selesai bray. Yakin ? yes. Seyakin bakal mampunya Honda PCX 150 ini nabokin Yamaha NMax.

Sekedar opini bray, mohon maaf kalau kurang berkenan, silahkan dibantai, dicaci-maki dan disumpahin, sekalian direport-in ke facebook, youtube or google. Biar blog amatiran ini di black list hingga merana di tepi jurang tebing curam. Kalau setuju monggo di share atau dijempolin (ngarep mode : on).

Last, cmiiw…

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge