#MalaysianGP : Ada Team Order, Jorge Lorenzo Gagal Juara di Sepang 2017…???

Team order di tim Ducati, adakah ?
Team order di tim Ducati, adakah ? (motogp.com)

#MalaysianGP : Ada Team Order, Jorge Lorenzo Gagal Juara di Sepang 2017…??? Jorge Lorenzo tampil trengginas di sirkuit Sepang International Circuit. Start dari posisi 6, Jorge Lorenzo melakukan start ciamik dengan langsung menyodok ke posisi 2. Hingga kemudian di lap ke 9 Jorge Lorenzo mampu menggeser Johann Zarco dan memimpin balapan hingga lap ke 15. Sayang di lap ke 15 ada insiden dimana Jorge Lorenzo hampir jatuh sehingga memberi kesempatan kepada Andrea Dovizioso untuk mengovertake pembalap spanyol ini. Sampai balapan usai Jorge Lorenzo tak mampu merebut kembali pimpinan balapan dari Andrea Dovizioso. Ada yang curiga, mungkinkah ini karean ada Team Order di tubuh Ducati ?

Jorge Lorenzo : Tidak ada Team Order

“Keadaan sebenarnya saya masuk tikungan terakhir seperti biasa dan melakukan pengereman. Saya kehilangan feeling pada ban dan mengangkat motor sehingga berjalan melebar. Di situ Dovizioso berhasil menyalip,” Jorge Lorenzo menyangkal adanya Team Order seperti yang dikutip dari motorplus.

“Saya sudah mencoba terus menekan tetapi Dovi sangat kuat di lap-lap akhir,” tandas Lorenzo mencoba untuk meyakinkan.
Jawaban ini tentunya masih menjadi tanda tanya mengingat sepanjang balapan Jorge Lorenzo sempat beberapa kali mencatatkan waktu tercepat namun terasa melambat paska diovertake oleh Andrea Dovizioso.

Director Sport Ducati mengakui adanya team order
Namun selang tak berapa lama, teka-teki pun terjawab sudah, bahkan jawaban didapat langsung dari Director Sport Ducati, Paolo Ciabatti.
“Itu hal yang benar untuk dilakukan. Kami tim dan harus bekerja seperti itu,” ucap Paolo Ciabatti, dikutip dari motorplus.

Dashboard message kepada Jorge Lorenzo yang berbunyi "suggested mapping : mapping 8"
Dashboard message kepada Jorge Lorenzo yang berbunyi “suggested mapping : mapping 8”

Team order dilakukan melalui dashboard mesassge
Lalu kapan instruksi team order diberikan kepada Jorge Lorenzo ? Jika memperhatikan dengan jeli pada layar siaran tv, kode team order sudah muncul saat lomba menyisakan 6 lap. Pada dashboard message nampak ada instruksi…
“Suggested mapping : mapping 8,”
Nah, sejak ada instruksi perubahan mapping tersebut nampak lap time Jorge Lorenzo mulai melambat.
Oya, fyi saja… mapping adalah pengaturan mekanisme motor secara elektronik. Dimana dengan perubahan mapping bisa menyebabkan performa motor menggila atau sebaliknya, melempem.

Andrea Dovizioso, juara Sepang 2017
Andrea Dovizioso, juara Sepang 2017 (motogp.com)

Penentuan Juara hingga seri terakhir
Lagian kalao gak ada team order dan Andrea Dovizioso finish di urutan kedua, perburuan gelar juara dunia motogp musim 2017 praktis sudah selesai dan menyisakan Marc Marquez berpesta di Sepang – Malaysia. Pasalnya dengan finish pertama saja selisih antara Marc Marquez ada 21 poin, maka jika Andrea Dovizioso finish kedua selisih menjadi 26 poin. Gak cukup kekejar dengan satu seri tersisa di Valencia – Spanyol. So, dengan hasil ini penentuan juara dunia motoGP musim 2017 akan ditentukan hingga tetes darah penghabisan seri terakhir di sirkuit Valencia, Spanyol. Seru hingga kuota terakhir. #eh…

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge