Lockheed Constellation L-1649A Starliner, Pesawat Penumpang Berbadan Besar yang Berubah Menjadi Restoran

Pesawat legendaris, Lockheed Constellation L-1649A Starliner
Pesawat legendaris, Lockheed Constellation L-1649A Starliner

Lockheed Constellation L-1649A Starliner, Pesawat Penumpang Berbadan Besar yang Berubah Menjadi Restoran. Pada jamannya Lockheed Constellation L-1649A Starliner, atau biasa dipanggil “Connies” ini merupakan pesawat yang super canggih. Salah satunya adalah ruang kabin bertekanan yang sebelumnya belum pernah diaplikasikan oleh pesawat penumpang jarak jauh manapun. Kelebihan teknologi ini adalah memungkinkan pesawat dapat terbang setinggi mungkin di atas rata-rata cuaca buruk. Menjadikan penerbangan lebih nyaman dan aman. Dengan teknologi ini pula, jasa penerbangan memasuki era baru. Era pesawat terbang jarak jauh yang aman dan nyaman. Sangat cocok untuk perjalanan bisnis.

Lockheed Constellation L-1649A Starliner dalam pengiriman
Lockheed Constellation L-1649A Starliner dalam pengiriman

Beberapa hari kemarin, tepatnya tanggal 10 Oktober 2108, salah satu pesawat Lockheed Constellation L-1649A Starliner melakukan perjalanan sejauh 300 mil dari Maine, Auburn-Lewiston ke kota New York. Bukan terbang, melainkan dikirim dengan menggunakan truk sepanjang 116 kaki. Connies satu ini nantinya akan disulap menjadi sebuah bar atau restoran dari hotel bernama The World Airlines hotel. TWA hotel.

Lahir tahun 1958, pesawat ber nomor registrasi N9093H ini menyimpan banyak cerita kenangan. Salah satunya adalah misi pengiriman obat/makanan ke Prudhoe Bay, Alaska. Pada tahun 80an,
Connie juga pernah bertugas mengirimkan ganja ke Amerika Selatan, satu misi yang sangat kontroversial.

Salah satu bagian TWA hotel
Salah satu bagian TWA hotel

Connie satu ini dibeli pada 1986 oleh pemilik maskapai regional di Maine yang memindahkannya ke Bandara Auburn-Lewiston untuk mengembalikannya ke fungsinya semula, melayani penerbangan. Kemudian diakhir masa baktinya, pengembang TWA Hotel merestorasinya untuk memberinya kehidupan baru.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Cart
  • No products in the cart.