Suzuki Intruder 150 Bermesin GSX Series, Bagaimana Peluangnya di Indonesia ?

Suzuki Intruder 150, segera rilis di India
Suzuki Intruder 150, segera rilis di India (bikeadvice.in)

Suzuki Intruder 150 Bermesin GSX Series, Bagaimana Peluangnya di Indonesia ? Terpantau di jalanan Ahmedabad, Gujarat – India, sebuah motor cruiser yang jelas terpampang padanya lambang ‘S’ milik Suzuki. Dimana sebelumnya memang Suzuki india telah merilis brosur Suzuki Intruder 150. Sehingga hampir bisa dipastikan bahwa Suzuki Intruder 150 tidak menunggu lama lagi akan diperkenalkan secara resmi di India. Menurut blog kenamaan India ‘Bike Advice’ sih setidaknya antara 6-7 November 2017.

Suzuki Intruder 150 sangat layak untuk menjajal pasar Indonesia
Suzuki Intruder 150 sangat layak untuk menjajal pasar Indonesia (bikeadvice.id)

Bentuk Suzuki Intruder 150 khas motor-motor cruiser keluaran Harley Davidson. Desain bodi membulat senada dengan desain Suzuki Hayabusa yang fenomenal itu. Nampak berotot dengan variasi desain futuristik yang membuatnya terlihat elegan, berat dan berwibawa. Yes, berat bro. Ndak tahu itu kata untuk menggambarkan kesan yang terlihat begitu melihat bentuk keseluruhannya, ‘berat’. Ada sebutan yang lebih pas nggak ? monggo japri mawon. Haha…

Fiture ciamik Suzuki Intruder 150
Fiture ciamik Suzuki Intruder 150 (bikeadvice.in)

Knalpot kembar bertumpuk meneruskan bentuk knalpot pada Suzuki Gixxer, for me… it is so bad. Sepertinya perlu diredesain untuk poin ini. Headlampnya besar bulat, mengalir dengan bentuk bodi. Apalagi ditenagai dengan lampu LED projector. Sudah okelah. Re juga sudah ABS.

Overall... Suzuki Intruder 150 is so cool
Overall… Suzuki Intruder 150 is so cool (bikeadvice.in)

Minusnya satu lagi, Mesin. Kenapa kok make mesinnya Suzuki Gixxer ? Enggak banget deh. Wong ada mesin DOHC overbore powerfull. Memang sih untuk cruiser lebih cocoknya pake yang SOHC, secara torsi lebih  bisa dieksplorasi.

Namun untuk pasar Indonesia, sepertinya enggak cocok. Apalagi untuk suzuki sudah ada mesin DOHC GSX series. Ibarat kata lebih bisa menekan biaya produksi. Satu mesin untuk beberapa motor. Dan lagi, bagi biker lokal, mesin DOHC itu sesuatu banget. Seolah-olah ada prestige lebih dibandingkan mesin SOHC.

Suzuki Intruder 150 bisa jadi backup GSX S150
Suzuki Intruder 150 bisa jadi backup GSX S150

Lalu kemungkinan untuk masuk pasar Indonesia bagaimana ? Jika memang Suzuki Indomobil Sales (SIS) ingin mengembalikan kejayaan Suzuki sudah semestinya PT. SIS memasukkan Suzuki Intruder 150. Selain untuk memperkuat armada penjualan, Suzuki Intruder 150 juga bisa menjadi alternatif bagi Suzuki GSX S150 dimana penjualannya kurang begitu memuaskan.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge