Yamaha Niken, Motor MLW Turunan Yamaha MT09 Mulai Diproduksi Masal

Yamaha Niken, motor sport baru dari Yamaha dengan konsep LMW (Learning Multi-Wheeler)
Yamaha Niken, motor sport baru dari Yamaha dengan konsep LMW (Learning Multi-Wheeler)

Yamaha Niken, Motor MLW Turunan Yamaha MT09 Mulai Diproduksi Masal. Motor dengan konsep Multi Learning Wheeler (MLW) dengan genre motor sport sempat diragukan akan dirilis oleh pabrikan Yamaha. Namun pada ajang Tokyo Motor Show 2017 Yamaha menjawab keraguan tersebut dengan memproduksi masal Yamaha Niken. Jadi gak cuman sekedar pajangan saja, namun kini Yamaha Niken berkonsep MLW inipun sudah bisa dipesan mulai sekarang.

Yamaha Niken, memakai sasis yang sama dipakai oleh Yamaha MT09
Yamaha Niken, memakai sasis yang sama dipakai oleh Yamaha MT09

“Ini leaning multi-wheeler (LMW) bermesin besar. Teknologi yang ada pada LMW mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok,” tulis Yamaha, dikutip dari Indianautos, Minggu (29/10/2017).

Dashboard Yamaha Niken
Dashboard Yamaha Niken

Menggunakan sasi dari Yamaha MT09 nampak dari samping Yamaha Niken begitu intimidatif, sangar. Hanya saja perlu pembiasaan melihat motor dengan dua roda didepan untuk bisa mengatakan… oh, ini motor bagus nan keren. Jujur, masih terkesan aneh karena diluar kelaziman. Sekali lagi butuh pembiasaan. Meskipun sampai sekarangpun saya melihat motor Yamaha Tricity, yang juga beroda tiga, masih terlihat aneh.

Facia Yamaha Niken, Syeleemm juga
Facia Yamaha Niken, Syeleemm juga

Yamaha Niken memiliki spesifikasi dimensi; panjang 2.150mm, lebar 885mm dan tinggi 1.250mm. Bermesin 3 silinder sejajar, 4 stroke, DOHC dengan pendingin cairan (water /luquid cool). Oya, teknologi mesinnya juga sudah mengadopsi model crossplane Yamaha yang legendaris itu. Diklaim Yamaha Niken ini akan mampu memuntahkan tenaga sepesar 115PS saat mesin berkitir 10000rpm dan torsi maksimum sebesar 87.5 Nm pada putaran 8.500rpm

Yamaha Niken,...dua pedang
Yamaha Niken,…dua pedang

Terus, namanya… kok ‘Niken’ ? terdengar girly banget. Tapi ternyata eh ternyata nama tersebut merupakan gabungan dari kata Ni yang berarti dua, dan Ken yang memiliki arti pedang. Jadi Yamaha Niken memiliki makna “Dua Pedang”. Weiihh… keren juga ternyata.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge