Renault EZ-GO | Setelah Taksi Online, Berikutnya Adalah Self-Driving Taksi

Renault EZ-GO, calon self-driving taksi masa depan
Renault EZ-GO, calon self-driving taksi masa depan

Setelah Taksi Online, Berikutnya Adalah Self-Driving Taksi. Mungkin masih akan lama, atau bahkan sangat lama untuk bisa terwujud. Apalagi episode taksi online saja baru memasuki bagian entry poin. Masih proses konsolidasi sana-sini agar bisa settle dan bisa diterima dengan legowo oleh siapapun, di negeri ini. Bisa jadi, self-driving taksi baru akan terwujud (di negeri ini) beberapa tahun atau beberapa dekade ke depan.

Namun wacana kearah sana semakin hangat dan mendekati kenyataan. Beberapa pabrikan otomotif sudah melakukan riset terkait dengan isu self-driving taksi ini. Diantaranya yang paling baru adalah pabrikan RENAULT, yang pada pameran Geneva Motor Show 2018 memperkenalkan Renault EZ-GO. Sebuah mobil taksi dengan konsep Self-Driving. Mirip-mirip lah dengan Uber Pool atau Lyft Line.

Renault EZ-GO dengan kompartemen yang sangat luas
Renault EZ-GO dengan kompartemen yang sangat luas

Mobil ini dilengkapi dengan ramp yang akan secara otomatis memposisikan diri untuk mempermudah akses penumpang (khususnya bagi mereka yang menderita disabilitas) masuk ke dalam taksi. Kompartemen dalamnya sangat luas (mungkin cukup untuk 4-6 penumpanga) dilengkapi dengan jendela-jendela kaca yang hampir menutupi sekujur bodi Renault EZ-GO. So, kemanapun kita menghadap akan bisa melihat pemandangan diluar.

Renault EZ-GO, serba otomatis
Renault EZ-GO, serba otomatis

Idenya, mirip dengan taksi online. Calon penumpang memerlukan sebuah aplikasi berbasis android/os/windows agar bisa melakukan pemesanan. Kemudian secara otomatis Renaul EZ-GO ini akan menjemput calon penumpang tersebut. Setibanya di tempat calon penumpang, pintu akan membuka secara otomatis dan untuk memulai perjalanan penumpang cukup menekan sebuah tombol. Itu saja.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge