Catatan Tahun Pertama Jorge Lorenzo Bersama Ducati Ternyata Lebih Buruk Dari Valentino Rossi

Rossi vs Lorenzo, perseteruan dua rider ini selalu menarik untuk diulas
Rossi vs Lorenzo, perseteruan dua rider ini selalu menarik untuk diulas

Catatan Tahun Pertama Jorge Lorenzo Bersama Ducati Ternyata Lebih Buruk Dari Valentino Rossi. Dua rider yang seringkali berseteru ini memang selalu menarik untuk dibanding-bandingkan. Bukan hanya masalah prestasi, melainkan kegagalanpun masih saja menarik untuk dipermasalahkan. Seperti kegagalan mereka ditahun pertamanya bersama tim Ducati. Banyak pihak, terutama media, mencoba membanding-bandingkan antara Jorge Lorenzo dengan Valentino Rossi. Lebih baik mana sih ? atau siapa yang paling zonk di tahun pertamanya ?

Valentino Rossi ketika masih bersama Ducati
Valentino Rossi ketika masih bersama Ducati (motogp.com)

Seperti diketahui bahwa pada tahun 2011, super star motoGP, Valentino Rossi mencoba peruntungannya dengan berpindah tim dari pabrikan Yamaha ke Ducati. Awalnya banyak yang memprediksi bahwa Valentino Rossi akan sukses besar bersama Ducati. Rider dan Pabrikan dari negara yang sama pastinya akan menjadi kombinasi yang luarbiasa. Tak dinyana hasil di sirkuit jauh dari ekspektasi. Valentino Rossi gagal total bersama Ducati. Posisi terbaiknya adalah finish di urutan ke-3, itupun hanya satu kali. Selebihnya sang maestro tak pernah mencicipi podium yang dulu begitu akrab dia naiki ketika masih bersama Yamaha dan Honda.

Jorge Lorenzo mengikuti jejak Valentino Rossi, gabung bersama tim Ducati
Jorge Lorenzo mengikuti jejak Valentino Rossi, gabung bersama tim Ducati

Langkah serupa coba ditempuh oleh Jorge Lorenzo. Dimana ditahun 2016 dia memutuskan untuk pindah dari Movistar Yamaha MotoGP ke Ducati. Hasilnya tidak jauh berbeda dengan mantan kompatriotnya, gagal total. Tipikal balapnya yang textbook, kalem dan sangat presisi ternyata tidak cocok dengan karakter engine desmosedici yang liar nan binal khas Ducati.

Statistik Rossi vs Lorenzo di musim pertamanya bersama Ducati
Statistik Rossi vs Lorenzo di musim pertamanya bersama Ducati

Dari 18 seri yang dilakoni, Jorge Lorenzo hanya mampu mengumpulkan poin sebanyak 137 poin, dua poin lebih sedikit dari yang diperoleh Valentino Rossi 2011 lalu yang mampu mengumpulkan 139 poin. Padahal secara jumlah total seri yang dilakoni, Jorge Lorenzo (18 seri) 1 seri lebih banyak dari Valentino Rossi (17 seri). Namun, meskipun raihan poin berbeda, kedua rider ini berhasil finish di akhir musim pada peringkat yang sama, peringkat 7 klasemen.
Akan tetapi kalau kita membandingkan jumlah podium yang berhasil diraih oleh keduanya, Jorge Lorenzo masih lebih baik dibandingkan dengan Valentino Rossi. Tiga kali podium dengan satu diantaranya finish di urutan ke-2.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge