3 Alasan Mengapa Motor Melebar Saat Melewati Tikungan

Kecelakaan sering terjadi di tikungan
Kecelakaan sering terjadi di tikungan

3 Alasan Mengapa Motor Melebar Saat Melewati Tikungan. Tikungan itu tricky, alias rumit sehingga butuh skill tersendiri untuk bisa melewatinya. Mesti hati-hati dan sama sekali tidak bisa disamakan dengan trek lurus. Salah dalam mengantisipasinya maka bisa dipastikan motor yang kita bawa akan melebar, keluar jalur dan paling buruknya adalah kecelakaan. Hal yang tentu tidak kita inginkan. Nah, berikut ada 3 alasan mengapa motor melebar saat melewati tikungan mnurut motor menurut Nick Lenatsch dari cycleworld.com. Alasan Pertama : Terlalu cepat melepas rem.
Tikungan tidak bisa mengurangi kecepatanmu, rider lah yang seharusnya mengurangi kecepatan.
Ketika rider melepas pedal/tuas rem, rider tidak hanya melepaskan pengatur kecepatan sepeda motornya melainkan juga akan melepas pengatur geometri area depan. Hah ? apa itu ? Melepas rem secara cepat akan membuat shock depan pun akan mantul dengan cepat, momen ini serta merta akan menambah radius putar dari sepeda motor. Kok bisa ? tentu bisa, karena ketika dalam posisi mengerem maka shock bagian depan akan memendek yang artinya radius mengecil dan ketika posisi rem dilepas maka shock depan otomatis memanjang, so radius putar bertambah, area buat melakukan manuverpun juga akan bertambah. Yes ?

www.helitemoto.com

Alasan Kedua : Terlalu Aggresive dalam Menarik Gas.
Bukan kecepetan dalam menarik gas lho ya, mohon dibedakan. Disini maksudnya adalah kemampuan dalam mengatur tarikan gas. Menarij gas secara aggresive akan menambah kecepatan motor dalam seketika yang berefek pada momen roda belakang. Radius bertambah dan manuverpun akan melebar. Motor-motor dengan torsi yang sangat besar akan sangat kesulitan dalam hal ini. Harus ada kombinasi yang pas antara rem dan gas.

Alasan Ketiga : Posisi Badan Rider yang Salah.
Saat kita sudah menginjak rem lebih lama, mengatur bukaan gas tapi motor tetap melebar ? Maka yang perlu diperhatikan adalah posisi badan rider. By the way, dengan mengikuti posisi motor, menekuk kaki bagian dalam dan memosisikan berat badan lebih ke dalam, hal ini akan membantu menjaga radius motor tidak melebar saat melewati tikungan.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge