Apakah Benar, Bersama Ducati Lorenzo Lebih Bagus dari Rossi ?

Lorenzo vs Rossi, seteru abadi
Lorenzo vs Rossi, seteru abadi

Apakah Benar, Bersama Ducati Jorge Lorenzo (Ducati Team) Lebih Bagus dari Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) ? Terkadang dan seringnya memang subyektifitas itu enggak fair, enggak jujur dan terkesan menutup-nutupi sesuatu (yang jelek). Apalagi jika subyektifitas itu ditambah bumbu-bumbu fanatisme, entah itu terhadap individu maupun merek. Hasilnya sudah pasti adalah pembohongan publik dan artikel yang diedit (jika ketahuan). Nah, seperti halnya dengan apa yang terjadi dalam perseteruan antara Rossi dengan Lorenzo. Fans nya Rossi, ya condongnya ke Rossi. Fans nya Lorenzo ya yang dibela mati-matian ya Jorge Lorenzo. Wajar sih, cuman kalau sampai ada pembohongan publik, maka itu yang semestinya dihindari.

Lalu antara Jorge Lorenzo dengan Valentino Rossi itu siapa yang paling bagus ? Untuk menilainya, Pertama jangan kebawa sentimen pribadi. Sentimen bahwa kita gak seneng sama pembalap A, nyinyir sama pabrikan B… Jangan, karena ujung-ujungnya pasti akan memihak kepada salah satu rider. Kedua jangan kebaperan, baper waktu Jorge Lorenzo tampil gemilang di race sebelumnya, memimpin jauh…padahal ndlosor pada akhirnya. Ketiga, jangan lihat jumlah podiumnya coz yang kita bandingkan adalah nilai total yang berhasil dikumpulkan sejauh ini. Masih ingat kan ketika Nicky Hyden juara MotoGP tanpa sekalipun juara seri  meski baru bisa juara seri pada seri ke-8. Yang diakui nilai totalnya bukan berapa banyak juara serinya. Ke-4 yang paling penting adalah faktanya. Fakta sebenarnya berdasarkan data-data yang ada.
Grafik performa Rossi vs Lorenzo dalam 14 seri
Grafik performa Rossi vs Lorenzo dalam 14 seri
Ok, setelah dipahami dan sepakat, yuk kita break down performa kedua pembalap dalam menaiki kuda besi bernama Ducati ini. Nampak terlihat di grafik, meskipun gak bagus-bagus amat, performa Valentino Rossi bersama Ducati di tahun pertamanya cukup stabil. Cuma sekali podium tapi Valentino Rossi gak pernah keluar dari sepuluh besar (hingga race ke 14). Berbeda dengan Jorge Lorenzo, penampilannya fluktuatif banget. Kadang bagus, kadang jelek banget bahkan ndlosor pun pernah. Gak cuman sekali bahkan dua kali. Sehingga secara total nilai yang didapat, hingga race ke 14, Valentino Rossi masih lebih baik ketimbang raihan total nilai yang didapat oleh Jorge Lorenzo. Dimana Valentino Rossi mampu mendulang nilai 136 jauh di atas Jorge Lorenzo yang hanya mampu mengumpupkan nilai 106 saja (hingga race ke 14).
Jadi, patut dipertanyakan ketika ada statement yang menyatakan bahwa hingga race ke 14 Jorge. Lorenzo masih lebih baik daripada Valentino Rossi. Patut diragukan ke independen-annya.
Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge