Donald Trump Kalah, Joe Biden Presiden Amerika Serikat

Terjawab sudah rasa penasaran para pemerhati pemilihan umum presiden Amerika Serikat tahun 2020. Setelah Joe Biden sukses mengungguli perolehan suara Donald Trump, yang otomatis secara resmi menjadikannya Presiden Amerika Serikat untuk masa bakti 2020-2025.

Dengan total perolehan suara mencapai 50.6% berbanding 47.4%. Meskipun hanya terpaut 3.2%, namun sudah cukup untuk mengukuhkan kemenangan Joe Biden kali ini. Di mana pada pemilihan sebelumnya (2015) Joe Biden tak mampu mengalahkan Donald Trump.

Berbagai sikap kontroversial, penanganan pandemi covid19 yang dinilai gagal serta _civil war_ bertajuk *Black Live Matter* yang berlangsung berbulan-bulan dinilai sebagai batu sandungan besar penyebab kegagalan Donald Trump dalam pemilu kali ini.

Banyak pengamat Memang sudah memperkirakan kekalahan Donald Trump bukanlah hal yang mustahil kali ini. Mengingat Amerika Serikat sedang mengalami kemerosotan yang luar biasa dalam beberapa bulan terakhir.

Tidak hanya merosot dalam hal ekonomi, jumlah korban meninggal covid19 di negeri Paman Sam yang menembus angka 100.000 orang telah menjadikannya yang terburuk dalam masa pandemi ini. Kemudian kemorosotan moral dan sosial, kerusuhan yang berdalih *Black Live Matter* telah berbulan-bulan mengguncang negeri ini. Pembunuhan, pembakaran, peengrusakan fasilitas-fasilitas umum dan pribadi telah mencoreng muka negara adi daya ini. Menjadikannya seolah-olah negeri tanpa pemimpin, tanpa arah dan tujuan yang jelas. Sehingga wajar kalau rakyat Amerika menginginkan perubahan. Salah satu caranya adalah dengan mengganti tonggak kepemimpinan. Ganti presiden.





Hal ini tercermin pada _Popular votes_ sebelum pemilihan presiden digelar. Jumlah suara yang didapat Joe Biden kala itu merupakan rekor tertinggi _Popular votes_ sejak pertama kali digelar, dengan jumlah total perolehan mencapai 50.6%. Angka yang belum pernah dilampaui oleh presiden-presifden sebelumnya.

Di Usia 78 tahun, tentu saja kita tidak menyangsikan kematangan seorang Joe Biden. Kematangan uuntuk mewujudkan harapan-harapan. Harapan yang menginginkan agar Amerika Serikat menjadi negara yang lebih baik, lebih ramah dan bersahabat dengan negara-negara lain di dunia, termasuk Indonesia. Congrats American !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge