Cantiknya Vespa Electrica, Skuter Listrik Pertama dari Vespa

Vespa Electrika, Electric Vehicle (EV) pertama dari Vespa
Vespa Electrika, Electric Vehicle (EV) pertama dari Vespa

Cantiknya Vespa Electrica, Skuter Listrik Pertama dari Vespa. Piaggio Group, pemilik merk scooter paling iconic di dunia, Vespa, baru saja memperkenalkan Vespa Electrica di gelaran EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) 2017 atau Milan Motorcycle Shows 2017.

Ini merupakan scooter Vespa pertama yang bertenaga listrik yang diproduksi masal. Bentuknya tak jauh berbeda dengan scooter merk Vespa kebanyakan. Namun dengan balutan warna full silver dengan trimming warna biru menjadikan Vespa Electrica ini terlihat sangat cantik dan elegan. Entah untuk komposisi warna yang lain, karena sebenarnya ada 7 pilihan warna Vespa Electrica yang akan diproduksi nantinya.

Vespa Electrica ini bukanlah EV (Electric Vehicle) hybrid mengingat tenaga penggeraknya sudah full listrik tanpa ada pilihan bahan bakar minyak. Dengan peak power ‘hanya’ 4kW, tenaga VespaElectrica ini boleh dibilang hanya sedikit di atas motor-motor konvensional berkubikasi 50cc. Jangkauannya pun tak terlalu jauh mengingat untuk sekali perjalanan hanya mampu menjangkau jarak sejauh 62mil atau setara dengan 99 kilometer. Selebihnya batrai harus diisi kembali.

Dashboard Vespa Electrica
Dashboard Vespa Electrica

Sehingga jika dibandingkan dengan  Vespa konvensional tanpa bahan bakar listrik semisal Vespa Primaver, dimana untuk sekali pengisian BBM Vespa Primavera mampu menempuh jarak 206 mil atau sekitar 331 km. Selain jangkauan yang  sangat terbatas, pengisian ulangnya sendiri juga butuh waktu yang cukup lama, sekitar 4 jam jika menggunakan sambungan listrik biasa.

Vespa Electrica ini rencananya akan diproduksi tahun depan dan akan dipasarkan ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Sayang Piaggio Group belum memberikan bocoran harga dari Vespa Electrica ini. Yang pasti hanyalah bahwa Vespa Electrica sudah akan membuka Pre Order dalam beberapa bulan kedepan. Gimana ? Tertarik ?

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge