Breaking News : Terminal Terboyo Semarang Kota Lumpia Beralih Fungsi Menjadi Terminal Tipe C, Rute Bus dari & ke Semarang Berubah

Terminal Terboyo saat musim hujan
Terminal Terboyo saat musim hujan (dok: radarsemarang)

Breaking News : Terminal Terboyo Semarang Kota Lumpia Beralih Fungsi Menjadi Terminal Tipe C, Rute Bus dari & ke Semarang Berubah. Pemerintah kota semarang mengeluarkan kebijakan dengan mengubah status Terminal Terboyo yang semula merupakan terminal Induk bagi kota Lumpia Semarang, menjadi Terminal tipe C yang nantinya diperuntukkan untuk angkutan barang atau truk.

“Mulai 1 Desember 2017 Terminal Terboyo Semarang ditutup terkait perubahan status menjadi terminal tipe C, yang beralih fungsi menjadi parkir truk/angkutan barang” kata kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang M. Khandik. Seperti dikutip akun Nanung Lanange Jagat kepada Media Informasi Kota Semarang (MIK SEMAR).

Perubahan status yang rencananya akan berlaku per tanggal 1 Desember 2017 otomatis akan mengubah rute bus yang menuju maupun meninggalkan kota lumpia Semarang menjadi sedikit agak rumit. Mengingat tidak ada lagi Terminal Induk dimana semua bus dari luar kota akan menuju terminal tersebut.

Terminal Penggaron Semarang Kota Lumpia
Terminal Penggaron Semarang Kota Lumpia (tribunnews.com)

Perubahan Rute Bus Paska Beralih fungsinya Terminal Terboyo adalah sebagai berikut :
– bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) terutama yang dari arah utara (lasem, Rembang, Pati, Kudus, Demak, Jepara dan Purwodadi) transit di Terminal Penggaron via Jalan Tol Gayamsari,
– bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) khususnya dari arah timur (Surabaya) langsung Terminal Mangkang Ngaliyan via Pelabuhan Tanjung Mas.

Terminal Mangkang Semarang Kota Lumpia
Terminal Mangkang Semarang Kota Lumpia (asatu.id)

Alternatif untuk penumpang yang dari arah utara (Lasem, Rembang, Pati, Kudus, Demak, Jepara) yang mau ke Semarang Kota Lumpia bisa turun di depan UNISSULA dan kemudian bisa beralih ke Bus Trans Semarang sesuai arah yang dituju.

Agak membingungkan ya ? mungkin karena belum terbiasa. Untungnya sekarang sudah ada bus Trans Semarang kota lumpia,sehingga sedikit banyak bisa mengurangi kebingungan tersebut.

Terminal Terboyo Semarang Kota Lumpia memang sudah tak layak pakai
Terminal Terboyo Semarang Kota Lumpia memang sudah tak layak pakai (tribunnews.com)

Oya, sebagai tambahan berikut tipe-tipe Terminal Bus sesuai tingkat penggunaannya (sumber):
Terminal penumpang tipe A
Terminal tipe A atau terminal induk berfungsi melayani kendaraan umum baik secara nasional maupun internasional seperti angkutan antarkota antarprovinsi dan/atau angkutan lintas batas negara, angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan kota dan angkutan pedesaan.
Terminal penumpang tipe B
Terminal tipe B atau terminal regional berfungsi melayani kendaraan umum untuk angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan kota dan angkutan pedesaan.
Terminal penumpang tipe C
Terminal tipe C atau subterminal berfungsi melayani kendaraan umum kelas kecil seperti angkutan kota dan angkutan pedesaan.

Last, cmiiw…

sumber berita : Nanung Lanange Jagat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge