Tokyo Motor Show : Toyota GR HV Sports, Mobil Sport Hybrid dari Toyota

Toyota GR HV Sports Concept, Mobil sport hybrid dari Toyota
Toyota GR HV Sports Concept, Mobil sport hybrid dari Toyota

Tokyo Motor Show : Toyota GR HV Sports, Mobil Sport Hybrid dari Toyota. Pada hari Jumat kemarin, Toyota mengeluarkan produk mobil sport teranyanya, Toyota GR HV Sports. Rencananya Toyota GR HV Sports ini akan dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show akhir Oktober 2017. Toyota GR HV Sports menggunakan sistem THS-R (Toyota Hybrid System-Racing) dengan teknologi hybrid yang disempurnakan oleh TS050 Hybrid. Sehingga diyakini sekalipun motor ini boros bahan bakar karena masuk genre sport akan tetapi tetap ramah lingkungan karena selain menggunakan bahan bakar Toyota GR HV Sports ini juga bisa berjalan dengan tenaga listrik.

Buritan dari Toyota GR HV Sports Concepts
Buritan dari Toyota GR HV Sports Concepts

Pada rilis yang dikelurakan oleh toyota.co.jp tersebut, nampak sebuah mobil sedan bergaya sport dengan balutan warna black mate menjadikan mobil yang diberi nama Toyota GR HV Sports nampak garang nan angker. Bentuknya yang ultra sport ini terinspirasi oleh mobil balap TS050 buatan Gazoo Racing. Dimana mobil sport tersebut (TS050) ikut berkompetisi di ajang World Endurance Championship (WEC). Oya, atap yang dipakai Toyota GR HV Sports adalah model atap targa, yaitu model atap tameng yang bisa dibuka dan ditutup kembali. Model atap yang sama yang digunakan pada mobil-mobil legendaris semisal Toyota Supra atau Toyota Sports 800 (a.k.a Yotahachi).
Seperti judulnya, Penggerak Toyota GR HV Sports ini merupakan perpaduan antara penggerak mesin dan motor listrik. Dimana Toyota GR HV Sports menggunakan sistem THS-R (Toyota Hybrid System-Racing) dengan teknologi hibrida yang disempurnakan oleh TS050 Hybrid. Toyota memasang baterai di bagian tengah mobil. Hal ini dilakukan agar performa  GR HV Sports semakin meningkat ketika dikendarai.

Tampak depan dari Toyota GR HV Sports Concepts
Tampak depan dari Toyota GR HV Sports Concepts

Lebih detail melihat bagian eksterior Toyota GR HV Sports tertanam lampu LED sebagai sumber pencahayaan utama.Velg alumunium yang juga berwarna hitam semakin menegaskan kegagahan Toyota GR HV Sports ini. Mobil ini mempunyai dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.805 mm dan tinggi 1.280 mm.

Intreior dari Toyota GR HV Sports Concepts
Intreior dari Toyota GR HV Sports Concepts

Sedangkan untuk bagian interior tak banyak informasi yang bisa digali. Toyota hanya memperlihatkan bagian interior yang didominasi warna hitam dengan beberapa sentuhan warna merah yang elegan tanpa penjelasan secara detail.

Atap Targa dari Toyota GR HV Sports Concepts
Atap Targa dari Toyota GR HV Sports Concepts

Pengoperasian Toyota GR HV Sports ini diatur dalam dua mode, Manual dan Auto. Dimana untuk transmisi otomatis pengemudi tinggal memencet tombol P,R,N, D yang ada di dashboard mobil. Lalu jika ingin menggunakan transmisi manual pengemudi tinggal menekan tombol M yang secara otomatis akan mengubah pengoperasian secara manual dengan enam percepatan.

Toyota TS050 Hybrid, inspirator Toyota GR HV Sports Concept
Toyota TS050 Hybrid, inspirator Toyota GR HV Sports Concept

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge