Teka Teki Penampilan Buruk Suzuki Ecstar pada MotoGP 2017, Ini Jawabannya

Andrea Ianone Suzuki Ecstar
Andrea Ianone Suzuki Ecstar (EPA/LUCA ZENARO)

Teka Teki Penampilan Buruk Suzuki Ecstar pada MotoGP 2017, Ini Jawabannya. Berbeda dengan tahun lalu, dimana Suzuki mampu mempersulit tim-tim peserta motoGP, dari empat kali podium di Musim 2016, Suzuki EcStar sempat sekali merasakan juara seri di Sirkuit Silverstone-Inggris. Sayangnya di musim 2017 ini Suzuki Ecstar tampil sangat buruk. Hancur lebur di sirkuit, dimana hingga seri ke-14 kemarin, Dua pembalap Suzuki Ecstar, Andrea Ianone dan Alex Ring,  hanya mampu duduk di peringkat 16 dan 20 klasemen. Usut punya usut ternyata penyebabnya adalah kesalahan dalam pemilihan mesin oleh Andrea ianone.

Menurut Autosport, titik lemah Suzuki pada kompetisi motoGP musim 2016 adalah karakteristik mesinnya. Bahkan Maverick Vinales dan Aleix Espargaro pun mengakui hal tersebut. Mereka menyadari bahwa motor Suzuki 2016 memang sangat agresif di tikungan, hanya saja akselerasinya kurang maknyus sehingga motor sulit mencapai top speed.

Suzuki Ecstar 2017
Suzuki Ecstar 2017 (motogp.com)

Alhasil Suzuki pun merancang mesin baru yang diharapkan sesuai dengan mereka saat itu, mengejar top speed. Sayang, mesin ini kurang dalam hal uji coba. Mesin baru ini baru diuji coba oleh Andrea Ianone pada saat tes pribadi di Jerez, November 2016. Itupun hanya Ianone saja yang mengetes mesin versi 2017, sementara Rinz absen dikarenakan cedera.

Waktu itu Ianone menguji dua mesin, mesin 2016 dan mesin 2017. Dan hanya dari satu tes uji coba itu Ianone berani menyimpulkan bahwa mesin 2017 lebih bagus ketimbang mesin 2016. maka dipilihlah mesin terbaru tersebut. Berdasarkan pilihan Andrea Ianone inilah akhirnya Suzuki melakukan homologasi. Mereka akan memakai mesin terbaru tersebut untuk musim motoGP tahun 2017.

Sayang, pilihan yang buruk bagi Suzuki Ecstar. Mesin baru ini ternyata tidak mampu bersaing di kompetisi motoGP 2017.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge