Stasiun Pengisian Umum Listrik (SPLU) Milik PLN Kedatangan Tamu Spesial, BMW i8

BMW i8 uji coba ngecas di SPLU milik PLN
BMW i8 uji coba ngecas di SPLU milik PLN

Stasiun Pengisian Umum Listrik (SPLU) Milik PLN Kedatangan Tamu Spesial, BMW i8. Tanpa Disadari, PLN Diam-diam ternyata Sudah Mendukung Penuh Program Kendaraan Listrik. Jujur,sukanyamotor.com sendiri belum tahu jika di Indonesia ini sudah ada yang namanya SPLU, Stasiun Pengisian Listrik Umum. SPLU ini fungsinya mirip sekali dengan SPBU, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, dimana fungsi utamanya adalah untuk mengisi kembali (recharging) energi listrik daripada kendaraan yang terkuras.

Nah, beberapa waktu lalu SPLU milik PLN kedatangan tamu spesial, sebuah mobil hybrid terbaru dari Pabrikan dari Jerman, BMW, BMW i8. Kedatangannya pun tak lain tak bukan untuk menguji pengisian listrik di SPLU milik PLN tersebut. Dengan pengujian ini bisa disimpulkan bahwa infrastruktur SPLU milik PLN ini terbukti telah siap digunakan untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik di tanah air.

BMW i8, mobil hybrid dari BMW
BMW i8, mobil hybrid dari BMW

Sebenarnya SPLU sendiri sudah mulai diadakan oleh PLN sejak Agustus tahun 2016 lalu. Awalnya keberadaan SPLU ini adalah untuk mendukung perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bagaimana cara kerja SPLU ? Untuk dapat menggunakan SPLU, masyarakat perlu mengisi pulsa (stroom) kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dan lain-lain dengan menyebutkan ID Pelanggan atau Nomor kWh Meter yang tercantum di SPLU yang akan digunakan. Hebatnya lagi, keberadaan SPLU saat ini juga dapat dengan mudah dicari melalui aplikasi Google Maps dengan kata kunci ‘SPLU PLN’.

Di Ibukota Jakarta sendiri sudah terdapat 578 unit SPLU dan rencananya hingga 2017 ini PLN akan menyebar 1000 unit SPLU.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge