Enggan Jual Honda CB150R ExMotion di Indonesia, Sebaiknya Honda Ubah Slogan ‘Satu Hati’ Mereka

Honda CB150 ExMotion itu keren, sayang gak dijual di Indonesia
Honda CB150 ExMotion itu keren, sayang gak dijual di Indonesia

Enggan Jual Honda CB150R ExMotion di Indonesia, Sebaiknya Honda Ubah Slogan ‘Satu Hati’ Mereka. Seperti yang sukanyamotor.com ulas disini (Confirm, Honda 150SS Racer Tidak akan Dijual di Indonesia) tentang keengganan Honda Indonesia untuk menjual Honda CB150 ExMotion di Indonesia, ketika itu masih dikenal sebagai Honda 150SS Racer, adalah dikarenakan buruknya penerimaan pasar lokal pada Yamaha Xabre 150.

Seperti diketahui Honda CB150 ExMotion ini memiliki tema yang sama dengan Yamaha Xabre 150. Sama-sama motor sport naked modern bergaya Street fighter. Shock depan USD yang sama, Namun Honda CB150 ExMotion  memiliki diameter lebih besar. Swing arm juga sama-sama model banana. Bedanya tongkrongan Honda CB150 ExMotion nampak lebih kalem dibandingkan dengan Yamaha Xabre 150 yang ultra aggressive, IMHO.

Yamaha Xabre 150, penjualan buruk
Yamaha Xabre 150, penjualan buruk

Sayangnya, motor yang bagi sebagian orang termasuk saya, masuk kategori super duper keren ini, ternyata kurang diterima di pasaran. Segmented banget seperti halnya Yamaha Byson. Hanya untuk biker enthusiast, hobbies… dan yang semisalnya. Kalau untuk konsumen umum masih kurang diterima.

Namun hal tersebut seharusnya bukanlah alasan bagi AHM untuk tidak membawa motor ini ke tanah air. Melihat antusiasme biker di blogosphere sendiri kepada Honda CB150 ExMotion ini sangatlah tinggi. Banyak yang berharap akan hadirnya Honda CB150 ExMotion di market lokal. Sayang, AHM begitu egois. Mereka enggan menjual Honda CB150 ExMotion karena khawatir tak laku, takut rugi. Nyata terlihat bahwa AHM hanya memosisikan pasar Indonesia sebagai sapi perahan bagi pabrikan berlogo sayap kepak ini. Terlalu egois dan materialistis. Hanya menjual produk-produk yang laku di pasar lokal. Tidak peduli dengan keinginan para biker, khususnya enthusiast biker.

Katanya SATU HATI kok menyakiti ?
Katanya SATU HATI kok takut rugi ?
Katanya SATU HATI kok nyari untung sendiri ?

Katakanlah saya ini seorang FBH (Fans Berat Honda) apa coba yang mau dibanggakan ? Honda embit ? Honda BeAT Street ? Yang bahkan oleh blogger kondang disebut sebagai motor paling jelek itu (disini) ? Honda Verza ? Honda New Mega Pro ?… Rata-rata cuman motor yang asal nggelinding tok. Sorry sorry to say, gak ada sentuhan artistiknya babar blas. Coba dong disini ada Honda Ruckus, Honda MSX125, Honda Forza, Honda Remix concept, Honda CB190, dan yang terbaru Honda CB150 ExMotion. Kan keren itu. Ya gak bro ?

Honda CB150R itu kalau gak ada Yamaha Vixion apakah AHM mau ngeluarin ? Honda CBR150R tanpa Yamaha ngelokalin R15 apakah ada cerita AHM bakalan ngelokalin juga ? Palingan masih jual CBU dengan harga naudzubillah. AHM sepertinya selama ini hanya fokus buat jualan sebanyak-banyaknya. Desain, riset… preketek buat mereka. Biar Yamaha dulu yang buka jalan, nanti tinggal kita ngikutin… Wong ngikut aja bisa jadi market leader kok, ngapain susah-susah riset segala. Mungkin seperti itu pola pikir mereka.

Honda Ruckus
Honda Ruckus

Alah sutralah, tak usah panjang lebar dibahas. Masih ingatkan jamannya Honda NSR150 ? biker sini cuman kebagian yang model astra federal. Kalau mau yang Honda NSR150 SP harus CBU. Mahal chuuyy…

HOnda Forza
HOnda Forza

Semoga saja AHM diberikan hidayah untuk lebih memberikan atensi lebih kepada konsumen Indonesia. Selama ini mereka telah dimanjakan konsumen Indonesia, produk biasa-biasa saja tapi bisa laku keras di pasaran, cuman modal emblem sayap kepak doang. Mbok sekarang mulai berpikir untuk memanjakan konsumen sini, membalas budi baik konsumen Indonesia yang sudah loyal menerima apa adanya produk Honda. Kalau enggak, ya mending Honda mengubah slogan “SATU HATI” mereka. Gak pantes blas !!!

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge