E-Age : Tahun 2040 Pemerintah Perancis akan Melarang Penggunaan Semua Kendaraan Berbahan Bakar Minyak dan Solar

Mobil listrik produski pabrikan Tesla (pict : tesla.com)
Mobil listrik produski pabrikan Tesla (pict : tesla.com)

E-Age : Tahun 2040 Pemerintah Perancis akan Melarang Penggunaan Semua Kendaraan Berbahan Bakar Minyak dan Solar. Era motor listrik benar-benar menjelang. Berawal dari isu pemanasan global yang semakin mengkhawatirkan kondisinya, pabrikan-pabrikan otomotif pun mulai berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan. Beberapa ada pabrikan yang benar-benar baru yang fokus untuk memroduksi kendaraan listrik, sebut saja yang paling terkenal adalah Tesla. Dan sekarang, tidak hanya satu-dua [pabrikan tapi hampir semua pabrikan otomotif di dunia sudah memiliki prototype kendaraan listriknya masing-masing, motor maupun mobil. Akankah era kendaraan dengan tenaga yang berasal dari pembakaran minyak bumi punah sebagaimana kendaraan bertenaga uap air lenyap dari jalan-jalan di ibu kota ???

Sepertinya begitu. Setelah Belanda dan Norwegia mengumumkan akan melarang penggunaan kendaraan bermesin minyak dan bensin di tahun 2025. Menyusul kemudian negara Jerman dan India yang akan memberlakukan pelarangan yang sama di tahun 2030. Kini ada perancis yang menempuh kebijakan yang sama, dimana mereka akan memaksa agar jalan-jalan di Perancis steril oleh kendaraan-kendaraan bermesin minyak dan diesel pada tahun 2040.

Jalanan Perancis yang padat (pict ; framepool.com)
Jalanan Perancis yang padat (pict ; framepool.com)

Sebagaimana yang diumumkan oleh kementrian lingkungan hidup Perancis, Nicolas Hulot. Dia juga mengatakan bahwa kebijakan ini merupakan rangkain dari rencana presiden Emmanuel Macron untuk membebaskan udara Perancis dari Karbon di tahun 2050. Istilah kerennya “Perancis Bebas karbon 2050″… kira-kira seperti itu.

Kebijakan ini muncul hanya beberapa saat setelah produsen mobil mewah asal negeri Perancis, VOLVO menyatakan bahwa mereka di tahun 2019 hanya akan memroduksi mobil listrik dan mobil hybrid saja.

“kami ingin menunjukkan bahwa perang melawan perubahan iklim akan mengubah kehidupan warga perancis ke arah yang lebih baik” tambah Hulot kepada bikeworld.co.uk

We’ll see…

last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge