Suzuki V-Strom 250 Dijual Dibawah Rp. 50jt (HOPE), Bakalan Geger Dunia R2 Indonesia

Suzuki V-Strom 250 Dijual Dibawah Rp. 50jt (HOPE), Bakalan Geger Dunia R2 Indonesia. Suzuki China telah melansir Suzuki V-Strom 250 seharga Rp. 58,5jt. Motor enduro entry level berpenampilan gagah berwibawa layaknya clan GS dari BMW. Akankah Suzuki Indonesia Sales (SIS) juga merilisnya di pasar R2 Indonesia ? Harapannya sih seperti itu ya. Apalagi segmen motorsport berkubikasi seperempat liter sepertinya sudah mulai jenuh. Berdasarkan data AISI permintaan pasar di segmen ini makin menurun dari waktu ke waktu. Butuh penyegaran atau setidaknya alternatif lain dengan rasa yang beda.


Suzuki V-Strom 250 adalah versi terkecil dari clan V-Strom. Versi terbesar tentu saja Suzuki V-Strom 1000, kemudian Suzuki V-Strom 650. Terlahir dari pabrikan Suzuki untuk menantang motor enduro rasa eropa, BMW GS-series.
Suzuki V-Strom 250 yang dibekali mesin dua silinder segaris SOHC 248cc ini mampu menghasilkan power sebesar 24.7HP pada putaran mesin 8000 rpm serta torsi sebesar 23.4 nm pada putaran mesin 6500 rpm. Tipikal mesin SOHC mungkin sengaja dipilih untuk mendapatkan torsi yang besar daripada power, khas motor-motor enduro.
Rasio kompresi Suzuki V-Strom lumayan tinggi, 11.5:1, jadi jangan sekali-kali berpikir untuk mengisi tanki bbm nya dengan premium, dijamin lama kelamaan mesin bakalan ngelitik. Oya, tanki bahan bakar Suzuki V-Strom ini berkapasitas 17 liter diharapkan mampu melibas trek sejauh 500 km (masih lebih kecil dari kapasitas tanki bbm pulsar 180 UG3 yang mampu menenggak bensin 20 liter).
Soal kaki-kaki, Suzuki V-Strom menggunakan ban depan ukuran 110/80 dan ukuran ban belakan 140/70. Lumayan lebar, jadi jangan khawatir untuk urusan kenyamanan saat melibas trek-trek ekstrim. Sayang, shock depan masih tipe biasa bukan tipe upside down (USD).
Di buritan, Suzuki V-Strom sudah dilengkapi dengan braket yang berfungsi sebagai dudukan box-box khas anak touring. Pokoknya lengkap dan tinggal pancal saja.
Waktu rilis di China, Suzuki V-Strom ini dihargai 29.880 yuan atau setara dengan Rp. 58.5jt. Mosok sih disini bakalan dibandrol Rp. 70jt ? Mahal amat. Harapannya tentu saja harga dimari bisa lebih rendah dari itu.
Last, cmiiw….

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge