Sejarah Perjalanan Mobil Hybrid Terlaris, BMW i8 Concept, Sampai Akhirnya Diproduksi Masal

BMW i8, mobil hybrid terlais di dunia dari BMW
BMW i8, mobil hybrid terlais di dunia dari BMW

Sejarah Perjalanan Mobil Hybrid Terlaris, BMW i8 Concept, Sampai Akhirnya Diproduksi Masal.

Awal mula, BMW i8, diperkenalkan sebagai BMW Concept Vision Dynamics, adalah sebuah mobil sport hybrid yang dikembangkan oleh BMW. i8 sendiri merupakan bagian dari “project i” milik BMW dan dipasarkan sebagai sebuah produk baru, BMW i. Pada BMW i8 model taun 2015 memiliki 7.1KWh baterai lithium-ion dengan daya jangkauan sejauh 37km di bawah New European Driving Code (NEDC) dan United States Environmental Protection Agency (EPA), sebuah standar pemakaian mobilyang berlku di negara-negara uni eropa dan amerika. Desain BMW i8 sendiri sangat terpengaruh oleh BMW M1 Hommage Concept (konsep aseli dari BMW M1 itu sendiri).

BMW i8 memiliki akselerasi dari 0-100kpj dalam 4.4 detik dan memiliki top speed 250kpj dengan konsumsi bahan bakar 2.1 liter / 100km dengan emisi karbon 49gram/km.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 pada International Motor Show Germany. Kemudian versi produksi BMW i8 diperkenalkan pada tahun 2013 di ajang Frankfurt Motor Show. BMW I8 sendiri dirilis di jerman pada Juni 2014. dan mulai di perdagangkan di US sejak agustus 2014. Penjualan global sejak pertengahan 2014 sampai awal noveber 2016 berhasil menjual 10.000 unit BMW i8, membuat BMW i8 sebagai mobil sport listrik paling laku dipasaran. Penjualan terbanyak adalah di negara Amerika Serikat, Inggris dan Jerman. Berikut sejarah lahirnya BMW i8 hingga sampai diproduksi masal seperti sekarang ini :

BMW Vision Efficient Dynamics (2009)

BMW Vision Efficient Dynamics
BMW Vision Efficient Dynamics (pict :wikipedia.org)

BMW Vision Efficient Dynamics adalah mobil konsep hybrid yang menggunakan mein tiga silinder turbo disel. Dengan tambahan dua motor listrik yang berkekuatan 139 hp. Mobil ini mampu berkaselerasi 0-100kpj dalam 4.8 detik serta top speed mencapai 250kpj.

Menurut BMW, rata-rata penggunaan bahan bakar pada mobil ini adalah 3.76liter/100km dengan emisi gas buang 99gram/km. Estimasi jangkauan tenaga listrik adalah sejauh 50km dan dengan tambahan 24liter tanki bbm yang dimiliki, BMW Vision Efficient Dynamics ini memiliki jangkauan lebih dari 700km. Rangka mobil ini sendiri sebagian besar terbuat dari alumunium. Windshield, bagian atas dan fender terbuat dari bahan kaca polycarbonate. BMW Vision Efficient Dynamic ini di desain oleh Mario Majdandzic, Bagian interior di desain oleh Jochsen Paesen. Mobil ini diperkenalkan pada ajang Interntional Motor Show Germany di tahun 2009.

BMW i8 Concept (2011)

BMW i8 Concept (2011)
BMW i8 Concept (pict : wikipedia.org)

BMW i8 konsep ini dilengkapi dengan motor listrik yang pasang di roda depan dengan power 129hp dan torsi 250Nm. Ditambah sebuah mesin turbo 3 silinder dengan bahan bakar minyak menggerakkan roda belakang menghasilkan tenaga sebesar 220hp dan torsi 300Nm. Kombinasi dua mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 349Hp dan torsi 550Nm. Sebuah baterai berkapasitas 7,2KWh lithium-ion dengan jangkauan 35km. Empat roda tersebut menghasilkan rem regenerative. Posisi baterai yang dibawah memberikan center of gravity rendah pada mobil, menambah aerodinamika mobil ini. BMW i8 generasi ini memiliki top speed 250kph, dan memiliki akselerasi dari 0-100kpj hanya dalam waktu 4.6 detik. Dalam kondisi normal, mobil BMW i8 ini mengonsumsi bbm 2.9liter tiap 100km. Pengisian baterai membutuhkan waktu 2 jam untuk bisa terisi penuh dalam voltage 220v. Posisi motor dan mesin memberikan distribusi beban 50:50. Mobil BMW i8 ini diperkenalkan pada International Motor Show Germany pada tahun 2011. Mobil konsep ini juga menjadi bintang dalam film Mission : Imposible Ghost Protocol.

BMW i8 Concept Spyder (2012)

BMW i8 Concept Spyder
BMW i8 Concept Spyder (pict by netcarshow.com)

Perubahan mendasar pada BMW i8 kali ini adalah jarak sumbu roda yang lebih pendek dari versi sebelum-sebelumnya, kemudian matrial carbon fiber yang mendominasi bodi mobil serta komponen-komponen berbahan alumunium pada bagian-bagian penggeraknya. Mobil BMW i8 ini diperkenalkan pada ajang Auto Cina di Beijing tahun 2012. Desainer BMW i8 kali ini adalah Richard Kim

BMW i8 coupe prototype (2013)

BMW i8 coupe prototype
BMW i8 coupe prototype (pict : wikipedia.org)

Mobil BMW i8 prototype ini berpenggerak utama mesin turbo 3 silinder (seperti versi sebelumnya).Dimana mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 154Hp dengan akselerasi 0-100kpj mampu ditempuh dalam waktu kurang dari 4.5detik. Kemudian untuk bagian motor listriknya, BMW i8 prototype ini mampu menghasikan tenaga sebesar 131Hp dan torsi 320Nm. Top speed dalam mode listrik yang bisa dicapai adalah 120kpj dengan maksimum jangkauan adalah 35km.Baterai dengan kapasitas 7.2KWh Lithium-ion ini berpendingan air yanng dapat diisi kembali dengan menggunakan soket konvensional dengan lama pengisian ‘hanya’ 1.5 jam.

Pada model ini, driver bisa memilih model pengoperasian ; SPORT, COMFORT dan ECO PRO. Dengan pemindah gigi, driver juga bisa memilih posisi ‘D’ untuk transmisi otomatis, atau memilih tombol mode SPORT. Opsi SPORT memberikan pilihan pengoperasian transmisi secara manual dan secara otomatis juga akan mengubah output engine menjadi sangat responsif serta mengubah secara otomatis setingan suspensi menyesuaikan kebutuhan berkendara. Jangkauan mobil ini dalam kombinasi bahan bakar minyak dan listrik adalah sejauh 500km dan dengan mode berkendara ECO PRO jangkauan ini akan bertambah sebesar 20% dari sebelumnya. Hebatnya lagi, dalam kondisi baterai listrik yang ekstra empty secara otomatis akan memantik ruang bakar mesin dan menguba model penggerak mobil secara instan dari motor listrik ke mesin.
Mobil BMW i8 generasi ini diperkenalkan oleh salah satu grup BMW, Mirama’s, di Perancis.

BMW i8 Versi Produksi Massal

BMW i8 mass product
BMW i8 mass product

Mobil BMW i8 produksi masal didesain oleh Benoit Jacob dan mulai diperkenalkan pada tahun 2013 di International Motor Show Germany. Fitur-fitur yang disematkan antara lain ; Pintu model kupu-kupu, head-up display, kamera belakang, Lampu depan laser ( satu-satunya mobil produksi masal yang mengaplikasikan lampu laser pada saatitu). BMW i8 ini memiliki top speed 250kpj dengan radius jangkauan 530km (listrik+mesin) dan mileage sekitar 2.1 liter tiap 100km. Mobil BMW i8 ini mulai dipasarkan pada April 2014.

Last, cmiiw…

credit : wikipedia.org

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge