Dengan Mengganti Mesin Screamer ke Mesin Big Bang, KTM Tembus 10 Besar Free Practise MotoGP04 Jerez – Spanyol

Dengan Mengganti Mesin Screamer ke Mesin Big Bang, KTM Tembus 10 Besar Free Practise MotoGP04 Jerez – Spanyol.

KTM menjadi tim terakhir yang mengaplikasikan mesin big bang
“Ini momen yang sangat indah. Motor jadi lebih lembut, halus dan mudah dikendarai. Saya tidak tahu apakah ini murni 100 karena mesin baru atau bisa saja 50% faktor mesin, 50% lagi karakter trek,” ujar Pol Espargaro(dikutip dari juara.net). Namun setidaknya fakta bahwa dalam 3 seri sebelumnya hanya KTM yang masih keukeuh dengan mesin screamer-nya. Sementara kontestan lain, Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati bahkan Aprillia sudah memakai mesin big bang. Dan selama itu pula (3 seri pembuka), KTM tidak pernah bisa tembus 10 besar tercepat dalam free practise sekalipun. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pergantian mesin dari model screamer ke model big bang lumayan berpengaruh pada performa KTM.

Pujian dari “the doctor” Valentino Rossi
The Doctor Valentino Rossi pun tak ketinggalan berkomentar atas kemajuan yang ditunjukkan oleh KTM tersebut “Saya rasa mereka punya potensi hebat. Soalnya, orang-orang yang bekerja di sana saya tahu sangat berpengalaman dan proyek mereka sangat bagus. Saya yakin mereka akan terus membaik,” ujar The Doctor (dikutip dari juara.net).

Potensi mesin big bag sudah diketahui sejak tahun lalu
Performa mesin big bang yang lebih bagus tersebut sebenarnya sudah disadari oleh punggawa KTM jauh-jauh hari sebelumnya. “Sejak tes pertama akhir tahun lalu di Valencia kami sudah meminta mesin jenis ini,” Demikian jelas Bradley Smith seperti yang dikutip juara.net.

Mesin Big bang lebih menyenangkan
Karakter mesin bigbang memang lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan mesin screamer. Pasalnya mesin bigbang lebih mudah dikendalikan meskipun peak powernya masih dibawah mesin screamer. Karakter mesin seperti ini didapat dari model jeda pengapian yang berbeda.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge