Di Sirkuit Sentul, Top Speed New Suzuki GSX R150 Lebih Tinggi dari All New Yamaha YZF R15 V3.0 [by OTOMOTIF TV]

speed_gsx150_sukanyamotor_b
Di Sirkuit Sentul, Top Speed New Suzuki GSX R150 Lebih Tinggi dari All New Yamaha YZF R15 V3.0 [by OTOMOTIF TV]. Yang paling ditunggu dari sebuah motor baru bergenre sport adalah power mesin. Dimana dari situ akan didapat berapa top speed yang bisa diraih. Tapi jangan lupa pula bahwasannya top speed tinggi tidak hanya dipengaruhi oleh power mesin semata melainkan juga batas rpm yang bisa dicapai. Semakin tinggi limiter RPM semakin tinggi pula top speed yang bisa diraih.

Nah,untuk urusan high rpm tentunya mesin DOHC lebih mumpuni dibandingkan dengan mesin SOHC. Apa sebab ? karena dengan double cam yang dimiliki, suplai bbm ke ruang bakar lebih bisa maksimal dibandingkan dengan satu cam saja. Ibarat lari dengan satu hidung ditutup atau terbuka dua-duanya, lebih ngos-ngosan mana ? Satu lagi bore x stroke juga berpengaruh. Bore lebih ke power mesin, sementara stroke lebih kepada torsi. Nah disini yang cocok dengan potensi mesin DOHC pastinya adalah yang bore tinggi. Klo DOHC tapi stroke nya lebih tinggi dari bore nya atau hampir sama atau biasa dibilang nearly square, hasilnya nafas mesin gak bisa panjang. Buat lari lebih gampang tersengal-sengal. Sebuah tindakan biadab terhadap mesin DOHC.

speed_R15_sukanyamotor_b
pict by tmcblog.com

So, New Suzuki GSX R150 sangat berpotensi untuk mencapai top speed yang tinggi dengan mesin DOHC serta konfigurasi over bore yang dimilikinya. Namun All New Yamaha YZF R15 V3.0 pun bukannya tanpa perlawanan. Tambahan VVA pada blok mesin berkubikasi 155cc ini kenyataannya mampu mendongkrak power jagoan Yamaha. Bahkan di klaim lebih tinggi dari power New Suzuki GSX R150. Hanya saja karena bobot yang sedikit lebih berat dibandingkan dengan New Suzuki GSX R150, secara overall PWR (power to Weight Ratio) All New Yamaha YZF R15 V3.0 lebih kecil. Dimana PWR All New YZF R15 V3.0 adalah 0.138 sementara PWR New Suzuki GSX R150 bisa mencapai 0,144. Jadi jangan heran kalau top speed New Suzuki GSX R150 sedikit lebih kenceng (148kpj) ketimbang All New Yamaha YZF R15 V3.0 (144kpj).

Bisa disimak pada video berikut.

Last, cmiiw

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge