15 Kota Paling Macet di Dunia, Jakarta bukan yang Paling Macet kok

tomtom_logo_color
TOMTOM GPS (ranorex.com)

15 Kota Paling Macet di Dunia, Jakarta bukan yang Paling Macet kok. Semacet-macetnya kota Jakarta, yang membuat kebanyakan kita mengalami dehidrasi fisik dan mental yang cukup dalam, ternyata masih ada kota di Dunia ini yang lebih macet dari ibu kota tercinta kita. Buat pelaku kemacetan…eh,maksud saya korban kemacetan mungkin gak bisa kebayang lagi seberapa macet kota-kota tersebut. Wong Jakarta yang macetnya ‘baru’kek gitu aja sudah seakan-akan membunuh, kok ini ada yang lebih macet lagi.

15 KOTA PALING MACET DI DUNIA
NO KOTA NEGARA
1 Bangkok Thailand
2 Mexico City Mexico
3 Bucharest Rumania
4 Jakarta Indonesia
5 Moscow Rusia
6 Chongqinq China
7 Istambul Turki
8 St. Petersburg Rusia
9 Zhuhai China
10 Santiago Chili
11 Guangzhou China
12 Shijiazhuang China
13 Shenzhen China
14 Los Angeles USA
15 Beijing China

dari TOMTOM GPS

Asal tahu saja, sebenarnya penduduk Jakarta masih lebih beruntung dibandingkan 3 kota teratas dalam daftar 15 kota paling macet di dunia yang dikeluarkan oleh  pabrik GPS ternama Tom TOm. Yups, Jakarta dalam list tersebut berada di urutan keempat, di bawah Bucharest (Rumania), Mexico City (Mexico) dan Bangkok (Thailand) di peringkat pertama. Lebih lengang chuuuyyy…hahahaa…

asia-thailand-bangkok-traffic-jam-traffic-traffic-gridlock-congestion-D0T00H
Bangkok-Thailand, kota termacet (alamy.com)

Ada fakta menarik dari data yang bisa kita lihat diatas, bahwa kemacetan tidak melulu menjadi monopoli negara berkembang atau terbelakang. Tercatat setidaknya ada dua kota di negara maju yang memiliki masalah ini, Los Angeles (USA) dan Moscow (Rusia) pun memilik masalah yang sama. Namun yang pasti, populasi penduduk yang membengkak merupakan fakt    or utama terjadinya deathlock di jalan raya. Tercatat setidaknya ada enam kota di China yang masuk daftar tersebut.

170216022317-2017-worst-traffic-los-angeles-780x439
Kemacetan di Los Angeles – USA (CNN)

Yang cukup mengejutkan adalah Mexico City, mereka sudah memiliki jaringan subway system tapi ternyata masih saja memiliki masalah kemacetan. Bahkan menurut penelitian Tom Tom, jika dihitung akumulatif per hari,  kemacetan di Mexico City adalah yang terparah di dunia (data tersebut diambil hanya pada jam-jam sibuk).

mexico_subway_system
Subway System di Mexico City nya saat jam sibuk. Berasa mo mudik (mexicohereandthere.com)

So, Subway System yang tidak mengantarkan penduduk kota kemana mereka mau, yang belum terintegrasi secara menyeluruh hanyalah membuang-buang biaya saja. Lalu apakah LRT yang dibangun pemkot Jakarta sekarang ini akan menjawab itu semua ? emboh, saya ndak tahu… bukan pengamat transportasi, hanya pengamat traffic light saja. Harapannya sih semoga bisa sedikit mengurai kemacetan di jalanan ibu kota. Bukan begitu ?

LRT_Jakarta_Indonesia_Sukanyamotor
LRT Jakarta, masih dalam tahap pembangunan

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge