Lima Jurus Maut Yamaha YZF R15 Melawan Honda All New CBR150

Yamaha YZF R15, dari belakang masih nampak sekseh (pict manager.co.th)
Yamaha YZF R15, dari belakang masih nampak sekseh (pict manager.co.th)

Belum sembuh luka akibat pukulan telak Honda CBR150 versi lokal, Yamaha YZF R15 semakin luluh lantah dengan munculnya All new Honda CBR150. Jagoan Yamaha ini kalah segala-galanya. Dari sisi desain saja, Honda CBR150 old versi lokal masih lebih digemari ketimbang desain Yamaha YZF R15 yang fairing headnya kek ikan lele itu, apalagi dibandingkan dengan desain All new Honda CBR150, makin terlihat cupu. Memang sih, kalau dilihat secara garis desain antara Yamaha YZF R15 vs All new Honda CBR150 nampak 11-12, tapi overall All new Honda CBR150 jelas lebih ganteng. Ditambah segambreng feature yang digendong oleh All new Honda CBR150, sudah… sudah tamat itu motor Yamaha.

Dari depan... oh my (pict by indianautosblog.com)
Dari depan… oh my (pict by indianautosblog.com)

Mau tidak mau, agar tidak mati malu jadi penunggu dealer, Yamaha Indonesia mesti membekali jagoannya dengan jurus-jurus baru nan dahsyat. Fiture-fiture jitu nan mematikan. Secara Yamaha masih punya segudang jurus potensial yang belum dibenamkan ke Yamaha YZF R15 ini. Masih ada kemungkinan untuk memberi perlawanan kepada All New Honda CBR150.

Desain YZF R125 lebih aggresive dan angker (pict by youtube.com)
Desain YZF R125 lebih aggresive dan angker (pict by youtube.com)

Pertama tentu saja update design. Yamaha YZF R15 secara desain boleh dibilang sudah udzur. Sudah bertahun-tahun bro, dari tahun 2011 model kek gitu-gitu saja. Bandingkan saja dengan clan CBR150 yang sudah update desain sebanyak 3 kalil… Ada tuh desain YZF R125 yang cukup masuk untuk taste biker sini. Tinggal di touch up sedikit saja beres.

Kedua, sektor mesin. Ganti SOHC dengan DOHC. Mau gak mau keinginan pasar sudah mengerucut ke teknologi DOHC. Biar kata di lintasan SOHC yamaha merajai, biar kata secara maintenance lebih mudah dan murah, tapi… Makin kesini kastemer makin menganggap bahwa DOHC itu lebih superior ketimbang SOHC. Sekalipun mobil Honda Jazz pun cuman pake SOHC, jahahaa… Gak DOHC gak keren. Lagian pasar juga pastinya menunggu-nunggu teknologi DOHC Yamaha itu kek apa sih ? Oya, satu lagi, DOHC CBR150 itu DOHC strukan bukan overbore an. Bagi yang ngerti mesin pasti bertanya-tanya DOHC mosok strukan ? yo enggak jos lah. Nah, gimana kalau kemudian yamaha ngeluarin DOHC dalam pakem aselinya, bore up. Pasti bakalan waaooww…

Variable valve actuation, memaksimalkan putaran mesin (pict by youtube.com)
Variable valve actuation, memaksimalkan putaran mesin (pict by youtube.com)

Ketiga, masih dari sektor mesin. teknologi VVA yang ada di NMax juga layak untuk dibenamkan pada gen next YZF R15 ini untuk mengejar efisiensi bahan bakar… dus, biar tenaga bawah tetep nendang. Semua tahulah, umumnya DOHC yang aduhai itu jeritan atasnya, bawahnya ngowos. So, alhasil yang diharapkan the next YZF R15 itu bisa kenceng khas DOHC, galak khas SOHC (dengan VVA), tapi tetep irit. Mungkinkah ? kita tunggu saja bersama-sama.

Era upside down
Era upside down

Keempat, sistem suspensi depan Up Side Down. Seperti yang diaplikasikan pada Yamaha Xabre atau Yamaha YZF R125. Lebih macho dan lebih berotot. Arusnya pun akan seperti itu, bahwa sistem USD sepertinya akan menjadi standar suspensi depan motor2 ber-cc kecil dan bukan lagi menjadi monopoli motor-motor gede. Belum ketinggalan untuk mengaplikasikannya pada Yamaha YZF R15. Bahkan mungkin bisa menjadi semacam sindiran telak buat kompetitor. Dimana mereka baru berani mengaplikasikan fiture waaooww ini pada motor seperempat liternya.

Perlu make up dikit (pict by areeya.wordpress.com)
Perlu make up dikit (pict by areeya.wordpress.com)

Kelima, banana arm. Sudah ada pada gen sebelumnya. Tapi sepertinya juga perlu sedikit update pada sektor ini agar terlihat lebih eye catching, lebih mencolok. Ditambahkan sedikit detail mungkin, seperti yang ada pada swing arm armada tempur KTM. Ditambah besarkan dimensinya mungkin… Pointnya bahwa perlu ada sedikit eksplorasi bentuk disini.

Dengan tambahan lima jurus itu, yakin pertempuran bakal lebih seru dan berdarah-darah. Kemungkinan terbesarnya all new Honda CBR150 bakalan bertekuk lutut. oya ? masak ?… time will tell laaaghh…

last, cmiiw…

[whatsapp url=”” title=””]

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge