TVS Akula 310 (TVS Apache RTR300) Hasil Kolaborasi BMW dan TVS. Bukti Lain Mature-nya R2 di Negeri India

TVS akula 310, kolaborasi mantap TVS dengan BMW
TVS akula 310, kolaborasi mantap TVS dengan BMW

Setelah pasar domestik sempat dibikin termehek-mehek dengan bandrol KTM yang mendekati motor jepang, bahkan efeknya masih bisa dirasakan sampai sekarang. Kini kabar menarik lain datang dari pabrikan India yang berkolaborasi dengan pabrikan eropa ternama, BMW. Adalah TVS bekerjasama dengan BMW yang akan segera melaunching motor andalan terbaru mereka dalam rangka memperingati 33th keikutsertaan TVS di dunia balap. TVS Akula 310 atau mungkin akan diberi nama TVS Apache RTR300 bakalan segera rilis di India akhir tahun 2016 ini atau selambat-lambatnya awal tahun 2017.

Yang jadi pertanyaan adalah,kenapa yang menjadi main name kok TVS nya ya ? kenapa gak dibikin BMW Akula 310 ? sepertinya lebih ‘value’,lebih menjual. Seperti BMW G 310 R, yang basis produksinya juga ada di Bangalore, India. Tanpa mengecilkan nama TVS, jelas nama BMW lebih menjual.

BMW 310R, dibuat di plant TVS bangalore
BMW 310R, dibuat di plant TVS bangalore

Sutralah, ane sendiri gak tahu alasannya. Yang jelas terlihat adalah adanya keseriusan TVS dalam membangun brand awareness mereka. Dengan menggandeng BMW, pastinya ada banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Diantaranya transfer teknologi, kemudian transfer design knowledge. Ini mungkin salah satu yang terpenting. Kenapa ? coba deh tengok gallery produknya TVS, enggak banget pokoknya. Gak masuk deh sama selera orang sini. Culun, jadul, aahhh… ane sendiri gak tega buat mendeskripsikannya. Mungkin dengan masuknya BMW, core design yang dianut oleh pabrikan TVS bisa sedikit berubah. Bukti nyatanya bisa dilihat pada desain Akula 310 ini, agresip n so epic beb !!!

Lalu dari nama BMW itu sendiri, siapa sih yang tidak kenal BMW Motorad ? Penghasil motor-motor super gahar. Sebut saja R1200RS, R1200GS, RnineT…Dengan menggandeng brand dengan nama besar, pastinya TVS sedikit banyak akan kecipratan popularitas, numpang tenar istilahnya. Bukan itu saja, kredibilitas TVS pun pastinya akan semakin tinggi dimata konsumen, mereka bakalan lebih percaya kepada produk-produk TVS.

Pulsar 200ns, sayang merknya bukan Honda
Pulsar 200ns, sayang merknya bukan Honda

Itulah, pabrikan-pabrikan India sepertinya sadar bahwa tidak mungkin mereka bisa mengalahkan samurai-samurai jepang hanya dengan mengandalkan nama-nama mereka, “made in india”. Enggak laku ! Sebagus apapun Pulsar 200NS merk-nya tetep BAJAJ, merk cacat yang gak diterima di hati konsumen Indonesia. Mereka harus merayu lagi lewat tangan-tangan KTM yang indah dan memesona konsumen sini. Begitupun dengan TVS, tak ada yang salah dengan produk-produk mereka yang ada disini, Apache RTR the series… yang salah adalah, kenapa merknya TVS ? kok bukan Honda atau Yamaha ? #eh…

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge