Yamaha-motor.co.id itu terlalu ‘Flashy’, Super Lemot & Kontra Marketing

Laman situs yamaha-motor.co.id

Entah itu karena koneksi saya yang emang lemot ataukah memang situsnya yang lagi ramai. Hanya saja ketika saya membuka situs Kawasaki di Kawasaki-motor.co.id halaman langsung ‘clap’, terbuka gak pake lama. Terus kalo dibilang lagi ‘rame’ kok dari kemarin itu situs lemot banget ? Apa emang rame terus ? ah, mosok sih ? wong homepage si penguasa market, welovehonda.com & astra-honda.com, aja gak sebegitu lama kok.

Lalu kenapa bisa lemot bin lambat gitu ngebukanya. Entahlah, yang jelas dibandingkan dengan situs-situs produsen motor yang lain, memang yamaha-motor.co.id nampak lebih futuristik. Halaman full animasi, dinamis dan gak ngebosenin. Cuman kalo lama ngebukanya, lemot apalagi sampe stuck buat apa ? buang-buang energi saja. Ibarat mo beli motor, daripada inden terus-terusan pake lama mending beli yang lain saja, mending lihat produk2 kompetitor di halaman sebelah, toh yang di cari customer bukan tampilan homepagenya melainkan info spesifikasi & harga produk yang dijual. Nah lo, dari sini saja Yamaha Indonesia sudah kalah langkah, eman-eman produknya dunk. Sangat kontra marketing, alias gak ngejual.

Butuh waktu yang lumayan untuk ngebukanya

Disinyalir karena halaman yang terlalu ‘flashy’ (meskipun gak semua berbasis flash) penuh animasi, full gambar dengan bahasa pemrograman yang mungkin agak belibet (kurang ringkas) dan (mungkin) ditambah dengan kemampuan server yang kurang mumpuni, menjadikan situs situs yamaha-motor.co.id begitu berat untuk dibuka.

Anyway, tampilan memang bukanlah faktor yang layak untuk dikesampingkan, namun mengorbankan sisi performance (loading) pada sebuah situs yang misi utamanya adalah untuk jualan, saya rasa itu bukanlah hal yang tepat. Ah, sekedar ulasan dari seorang blogwalker dan bukan praktisi IT, xixi…

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge