Apa Saja Upgrade Yamaha Jupiter MX 135 pada Yamaha MX King 150 ?

Yamaha MX new & old (autopro.com.vn)

Yamaha sepertinya tidak main-main meng-upgrade Yamaha Jupiter MX 135. Bahkan mungkin bisa dibilang ini bukan upgrade namanya melainkan produk baru yang benar-benar beda dari sebelumnya, saking signifikannya penambahan dan perubahan yang dilakukan. Seperti yang saya singgung kemarin, bisa jadi ini adalah bentuk kristalisasi auro sport yang dimiliki oleh Yamaha.

Engine yamaha MX king (google.com)

Mulai dari sisi engine, nggak tanggung-tanggung, segelondong mesin yang dipakai dua motor sport entry level yamaha, Yamaha Vixion Lightning dan Yamaha R15, dibenamkan pada motor bebek ini. Meski ‘cuma’ SOHC tapi dengan 4 valve yang mengatur buka tutup ruang bakar kiranya sudah cukup bejaban dengan mesin kompetitor. Kabarnya tenaga yang dihasilkan bebek ini sekitar 16PS dikisaran rpm 8500. Sama persis dengan tenaga suzuki satria FU 150, hanya saja pada suzuki satria FU 150 tenaga segitu didapat pada kitiran mesin 9500 rpm. Artinya apa bray ? untuk urusan top speed (trek panjang), (meskipun tidak signifikan) jelas suzuki satria FU 150 juaranya. Sementara untuk urusan torsi suzuki satria FU 150 mesti mengakui keunggulan Yamaha MX King, karena nilai yang terpaut cukup signifikan, Suzuki satria FU 150 12,45 Nm/8500rpm sedangkan Yamaha MX King ada dikisaran 14.5 Nm/7500rpm. Dengan kata lain, pada kondisi stop and go (trek pendek) yamaha MX King boleh lah sedikit jumawa. Pun bisa juga disimpulkan bahwa untuk kenyamanan, nampak Yamaha MX King sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Suzuki Satria FU 150, dikarenakan pada Yamaha MX King tenaga sudah didapat tanpa mesin harus berkitir tinggi aka. menjerit. Pastinya mesin pun lebih awet.

Kira-kira ada fiture ‘hi bro’ nya gak ya ? (autopro.com.vn)

Dari Mesin kita beralih ke bagian panel-panel indikator. Pada Yamaha MX King 150 panel indikator yang dipakai mirip atau bahkan sama dengan Yamaha Vi-xion. Lebih Mewah. Kemudian untuk sein belakang sudah terpisah layaknya motor sport tulen, sedangkan untuk sein depan lebih mirip dengan sein Yamaha M1 yang barusan saja dirilis kemarin.

Mmmm… nyummy (autopro.com.vn)

Yang cukup worth it adalah bagian buritan. Dari stop/rear lamp Yamaha R25, spatboard khas motor sport, kaki-kaki gambot bahkan mungkin terlalu kekar untuk kelas motor bebek hingga footpeg Yamaha Vi-xion. Pokoknya paket komplit motor sport yamaha dibenamkan pada bebek super ini.

Bagian tebeng tak lupa dapat sentuhan (autopro.com.vn)

Satu hal yang masih agak gelap disini, apakah fairing model dual layer masih dipertahankan ataukah sudah tidak ada ? Kalau dihilangkan akan sangat disayangkan.

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge