Dua Truk Tanki nge-Trail, Narsis Bareng di Tanjakan Krikilan – Temanggung

Dua truck tanki adu wheely di tanjakan krikilan, Temanggung-JawaTengah (news.detik.com)

Alhamdulillah, untung saja tidak ada korban jiwa maupun luka parah dalam insiden ini. Setidaknya bagi yang melihatnya, langsung maupun tidak langsung, bisa tersenyum lepas melihat ‘ulah’ dua truk tanki tersebut ngetrail (gak pakai tanda kutip, bener-bener ngetrail) di tanjakan Kerikil, Temanggung – Jawa Tengah. Sesuatu yang jarang terjadi dan aneh lucu. Semakin lucu manakala kedua truk tersebut melakukannya secara bersamaan dan beriringan, mirip lomba saja.

Yup, kedua truk itu bener-bener nge-trail, biasa disebut wheely dalam dunia otomotif, yaitu keadaan dimana roda depan motor/mobil terangkat. Kejadian yang berlangsung kemarin (Kamis, 28/8/14) tepatnya pukul 07.30 tersebut tak pelak menjadikan jalanan macet, karena hanya motor saja yang bisa melewati kedua truk tersebut sementara mobil tidak bisa, harus balik kanan. Barulah pada pukul 10.00 kedua truk yang sedang narsis tersebut bisa dievakuasi dari lokasi.

Memenuhi jalan, hanya bisa dilewati sepeda motor (http://news.detik.com/)

Kronologi kejadian tersebut bermula ketika 1 truk tanki dari 3 truk tanki yang berjalan beriringan, tiba-tiba mogok. Hal itu membuat 2 truk tanki yang dibelakang mau tidak mau harus berhenti, dan saat berhenti itulah 2 truk tersebut wheely, nge-trail.

Pengamanan dari pak polisi (http://news.detik.com/)

Kebanyakan saksi mata menyimpulkan dua truk yang memuat tetes tebu itu ‘nge-trail’ gara-gara kemiringan jalan yang sangat curam. Memang pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi coba kita cermati gambar diatas. Ada sesuatu yang janggal pada kedua truk tanki itu

Proporsi seperti timbangan (http://news.detik.com/)

Betul, panjang tanki tidak proporsional. Beban tidak terbagi sempurna diantara roda depan dan belakang truk tapi malah cenderung agak jauh ke bagian belakang. Sehingga jangan heran saat truk tersebut berhenti mendadak, gaya balik beban yang dimuat akan menekan sisi belakang truk. Ketika beban tidak seimbang merata, maka terjadilah apa yang terjadi, imho.

Meski tidak menelan korban jiwa, modifikasi tanki tersebut terbilang sembrono. Apalagi jika melihat keadaan gegrafis dimana kedua truk itu beraktifitas. Tentunya akan membahayakan pengguna jalan yang lain.

Last, cmiiw…

sumber

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge