Mobil Se-Irit Matic ?

Volkswagen XL1 (hdcarwallpaper.com)

Jika dulu rata-rata matic sangat  boros dalam konsumsi bahan bakar (antara 30-40 km per liter), maka dengan teknologi injeksi kini motor matic menjelma menjadi komuter dengan teknologi teririt (imho). Dimana rata- rata konsumsi bahan bakar matic terkini, untuk satu liter bisa diatas 50-an kilometer. Tentunya sangat ramah di kantong. Lalu adakah mobil yang seirit itu ?

1 liter untuk 80km, mau ? (atomcave.com)

Adalah Volkswagen XL1 atau biasa disebut VW 1 liter satu-satunya mobil dengan millieage mencapai 1/80 (popular science), yang berarti bahwa dengan ‘hanya’ satu liter BBM mobil ini sanggup menjelajah sejauh 80 km. Angka yang cukup fantastis memang, bahkan jika disandingkan dengan motor matic sekalipun. Namun perlu diketahui bahwa proyeksi awal milleage mobil ini adalah 1/100 (wikipedia). Dengan kata lain, bisa jadi kedepannya mobil ini bisa makin irit lagi.

Jeroan Vokswagen XL1 (caricos.com)

Demi mencapai tingkat keiritan tersebut, ada tiga hal dasar yang coba dimaksimalkan oleh Volkswagen, yaitu ; mengurangi bobot mobil secara keseluruhan, memaksimalkan sisi ke-aerodinamis-an serta memperbaiki efisiensi penyaluran power di dalam mesin. Ulrich Hackenberg yang sebelumnya bekerja untuk Bentley dan Bugatti, pun ditarik untuk memimpin proyek ambisius tersebut.

Cover ban belakang, belum terbiasa (caricos.com)

Volkswagen XL1 sebagian besarnya menggunakan serat karbon. Bahkan Sasis mobil inipun terbuat dari serat karbon. Sementara untuk mengurangi hambatan yang disebabkan oleh angin, kaca spion pun ikut menjadi korban, body mobil yang dibuat se-smooth mungkin serta bentuk low-riding pun jadi acuan. Akhirnya, dengan mobil yang ringan dan ‘licin’ itu, serta mesin diesel dua silinder berkapasitas 830cc dan elektrik motor 20kW, si XL1 inipun bisa meraih (dengan seorang driver tanpa penumpang) jarak tempuh 82 km dengan satu liter bbm.

‘Camera’ spion (caranddriver.com)

VW memproduksi mobil ini dibuat terbatas dan dijual di benua eropa seharga $146,000.- atau sekitar Rp 1,4M. Tertarik ?

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge