Yamaha RD350 & TDR350 2013/2014, Andai Rumor Itu Bukan HOAX

Yamaha RD350 two stroke, ternyata hoax (http://www.twowheelsblog.com)

Sempat tersiar kabar cukup santer di tahun 2013 kemarin, mengenai rencana Yamaha untuk menghidupkan kembali generasi motor two stroke-nya, Yamaha RD350. Bahkan gambar-gambar penampakan ciamik produk inipun sudah banyak beredar di dunia maya.

Yamaha TDR350 two stroke, ternyata hoax juga (http://www.twowheelsblog.com)

Sayangnya secara resmi pihak Yamaha menolak rumor tersebut, “We can confirm that there is absolutely no change of a new, large capacity two-stroke ever seeing the light of day again in a road bike again, let alone a new RD350”… kami konfirmasikan bahwa sama sekali tidak ada perubahan baru, bahwa motor two stroke dalam jumlah yang banyak bakalan terlihat di jalanan lagi, apalagi RD350 baru… sebuah tamparan cukup telak bagi two stroke enthusiast yang menunggu mbrojolnya Yamaha RD350.

Sayang, karena semenjak beredar kabar akan diproduksikannya kembali Yamaha RD350 tersebar luas di internet, sambutan hangat dari para biker seakan tidak ada hentinya. Wajar karena jika kita sempatkan melihat desain motor ini, sangat agresif dan sporty. Apalagi two stroke, dijamin kuwenceng. Karena secara teori motor four stroke butuh dua kali cc motor two stroke agar bisa ngasepin motor two stroke. Let say, motor ninja 150 two stroke itu secara teori akan lebih kenceng ketimbang motor ninja 250fi four stroke. Dengan kata lain hanya dengan berbekal 350cc, Yamaha RD350 bakal dengan mudah akan mampu menjinakkan motor-motor seperti Kawasaki ER6, kawasaki ZX 636 R, Suzuki GSX 600R, Yamaha YZF R6, Honda CBR 600, dll… Cukup menarik bukan ?

Dari Yamaha Eropa sendiri melalu Shun Miyazawa sekali lagi menegaskan bahwa memang benar bahwa Yamaha akan mengeluarkan varian-varian baru (tahun 2014) dengan basis models motor-motor lama mereka, semisal XT500, RD, dll… Tapi untuk membangkitkan lagi motor two stroke yang tidak cocok dengan market sekarang karena alasan regulasi (emisi gas buang), itu adalah salah paham. Waduh…

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge