Akibat Jinjit Balet

 The real jinjit balet (media.viva.co.id)

Pernah lihat balerina jinjit ? belum ? tuh diatas ada gambarnya, hehe… Dijalan raya pun kadang bisa kita temui fenomena sejenis. Utamanya pada keadaan dimana proporsi tunggangan lebih besar dibandingkan biker-nya. Lebih tepatnya karena kondisi seat height yang keterlaluan jika dibandingkan dengan postur tubuh yang menyebabkan telapak kaki tidak bisa menapak dengan sempurna.

Jinjit balet di dunia roda dua (cakpoer.wordpress.com)

Amankah ? tentu saja tidak. Apalagi jika motor memiliki berat yang lumayan berlebih. Jika biker tidak cukup memiliki kekuatan, maka pada kondisi tersebut kemungkinan motor akan ambruk sangatlah besar. Memang, pada insiden tersebut kemungkinan untuk cedera berat sangatlah kecil tapi yang pasti si biker dijamin bakalan malu 7 keliling, imho. Berikut adalah video contoh kasus akibat jinjit balet.

Jadi sebaiknya memang jangan dipaksakan untuk mengendarai motor yang bisa menyebabkan ‘jinjit balet’. Jika memang sudah ngebet karena sudah ‘kadung tresno’ maka sebaiknya motor dimodifikasi sedemikian rupa hingga kondisi jinjit balet bisa diminimalisir. Sukur-sukur kalau bisa dihilangkan alias kak-kaki biker bisa menapak di permukaan jalan dengan sempurna. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, maka cobalah untuk memperkuat kaki-kaki brader semua agar lebih siap untuk menerima beban berlebih dengan jalan berolahraga (melatih otot-otot kaki).

last, cmiiw…

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge