[DIY] Tips Aman Memasang Scotchlite

Motor masih fresh from the open, plat nomerpun belum ada

Hari ini dibikin shock paska melihat sebuah Yamaha New Vixion Lightning menjadi korban mal praktik pemasangan scotchlite (scotlite, skotlet, cutting sticker atau apalah yang sejenis dengan itu..). Langsung saja cek penampakan hasil mal praktik tersebut berikut ini

Dari kejauhanpun sudah terasa ada kejanggalan

Dann…

Taraaa..!!! yang paling jelas terlihat

Jauh dari kata rapih
 Keriting diujung n tidak melekat sempurna

Is this what we call cutting sticker ?

Speechless… sumpah gak tega ngelihatnya. Pasti si owner pun nangis gero-gero begitu lihat hasil akhirnya. Gak bakalan nyangka, sangat-sangat mengecewakan.

Semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua, utamanya saya, untuk lebih berhati-hati memilih tempat pemasangan scotchlite. Eman-eman klo sudah kejadian seperti diatas. Yang jelas, pasti ada bodi motor yang baret kemakan pisau cutter. Belum lagi betapa susahnya ngilangin bekas lem yang tertinggal waktu mengangkat scotchlite tersebut. Jadi perlu perhitungan dan pertimbangan ekstra sebelum menyerahkan motor kesayangan ke tukang pasang scotchlite. Selain pertimbangan beli motor itu tidak gampang (dimana pasti nyicil-nya..), ongkos pasang scotchlite full body seperti diataspun tidak murah.

Berikut beberapa tips yang kiranya bisa dijadikan acuan sebelum menentukan tempat pemasangan scotchlite/scotlite/skotlite/cutting sticker atau apalah itu namanya :
1. Nanya-nanya teman, jangan pernah gambling. Utamanya kepada teman yang telah mengaplikasikan scotchlite pada tunggangannya.
2. Kalau tidak ada, survey ke parkiran tempat kita sekolah/ngampus/kerja. Cari motor yang pake scotchlite-nya jempolan. Setelah ketemu, tongkrongin itu motor sampe yang punya datang. Lalu tanya deh “mas, masang scotchlite-nya dimana ?, kok bagus amat”
3. Jika poin 1-2 gagal, cek langsung ke jalanan. Perhatikan warung-warung jasa pasang scotchlite mana yang ramai, biasanya tempat itulah yang bagus hasil kerjaannya.
5. Terakhir, jika masih menemukan jalan buntu, samperin aja bengkel-bengkel modifikasi. Modif body work lho ya bukan bengkel modif mesin, karena keduanya beda. Nah, untuk yang terakhir ini biasanya ongkos agak lumayan.

Susah memang sih, tapi daripada kejadian kayak motor diatas. Pilih mana ?

last, cmiiw….

disclaimer : 
foto diatas adalah hasil jepretan yang sifatnya insidental, jika ada pihak-pihak yang kurang berkenan (pemilik) silahkan menghubungi redaksi via imel. terimakasih

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge