Honda Rebel 250 Twin Cylinder, Tandem Sempurna untuk CBR 250

 Honda CBR 250 th 2014, masih single cylinder

Banyak yang gigit jari dibalik rilisnya all new CBR250 baru-baru ini. Maklum harapan adanya perubahan di sektor mesin dari satu silinder menjadi dua silinder tidak dikabulkan Honda. Padahal sudah menjadi rahasia umum, kalau pasar, utamanya Indonesia, lebih demen mesin dua silinder ketimbang mesin satu silinder. meskipun pada kenyataannya di lintasan kejurnas IRS 250 cc, Honda CBR 250 begitu mendominasi atas lawannya, Ninja 250. Cost production yang bakal membengkak bisa jadi menjadi satu alasan tersendiri mengapa pihak Honda seakan tidak menggubris keinginan tersebut.

Honda Rebel dengan engine twin cylinder (topspeed.com)

Jika memang demikian, mengapa Honda tidak mengambil jalan instan dengan memasukkan motor twin cylinder yang sudah ada ? Misalnya Honda Rebel. Memang sih, kubikasi Honda Rebel sebenarnya masih kurang dari 250cc melainkan 234cc. Dan lagi Honda Rebel bukanlah motor sport layaknya Honda CBR 250 maupun Ninja 250. Tapi setidaknya aura twin cylinder yang dibawa sedikit banyak akan mengobati kegalauan para penikmat Honda, harapannya.

Twin cylinder engine, pengobat lara (top speed.com)

Honda Rebel adalah motor clasic cruising bertema lowrider dalam balutan desain retro yang elegan. Pada kasus ini sepertinya klop dengan selera para enthusiast Honda CB yang akhir-akhir ini keberadaanya brgitu menghangat, imho.Mungkin nggak ya mereka bakal tertarik dengan motor ini ?

Gimana ? keren kan ? (totalmotorcycle.com)

Bermesin twin cylinder 234cc SOHC 4 langkah, dengan pendingin udara serta transmisi lima percepatan, jangan berharap terlalu banyak dengan power yang dihasilkan. Tapi sepertinya itu bukan masalah berarti, karena pada segmen ini (classic cruising) power bukanlah segala-galanya. Kenyamanan, suara mesin berkarakter nan halus, durabilitas yang tinggi tapi tetap low maintenance serta harga bersahabat merupakan kelebihan dari Honda Rebel itu sendiri. Serta jangan lupa dengan nama besar Honda yang terkenal keiritannya, motor inipun terhitung sangat irit untuk motor dengan kubikasi sebesar itu.  Setidaknya 1 liter dapat digunakan untuk menempuh jarak 36km. Satu hal lain, selain power, yang patut disayangkan, frame yang masih semi double cradle sepertinya agak kurang gimanaaa gitu… but overall, Honda Rebel 250cc sepertinya masih cukup recomended sebagai tandem Honda CBR250.

Last, cmiiw…

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge