Blog iwanbanaran.com Dimakan Buaya, Ini Alasannya

iwanbanaran.com dimakan buaya !

Hehe… blog kang iwan banaran, iwanbanaran.com, dimakan buaya bukanlah isapan jempol. Tuh liat sendiri gambar di atas. Blog bisa diakses tapi gak keluar kontennya. Kenapa coba ?

Munculnya pesan error 403 – forbidden terjadi karena beberapa sebab, lokal maupun interlokal.  Hal pertama yang perlu brader cek, jika brader owner dari website, adalah memastikan bahwa alamat situs tidak mengarahkan kepada folder tertentu di dalam hosting yang disewa karena biasanya ada beberapa hostingan yang melarang hal tersebut. Jika hal tersebut sudah dicek dan tidak ada masalah tapi tetep muncul pesan error 403 – forbidden, cobalah untuk membersihkan cache hasil browsingan browser brader semua. Caranya…
Membersihkan cache
Masuk ke tab option pilih advanced panel lalu klik tab network. Di bagian cached web content kilik clear now. Coba cek sekali lagi. Masih masalah ? jangan putus asa ! mungkin brader tidak memberikan hak akses atas situs brader. Cobalah ubah permission code public_html menjadi 755, melalui ftp maupun file manager yang ada di cpanel. Jika masih juga belum bisa cobalah cek ip address, kemungkinan kena blacklist (ISP). Terakhir jika masih ngeyel belum juga bisa dibuka, mintalah bantuan ke technica hosting yang brader pakai, pasrah. hikss…
Alhamdulillah, setelah beberapa saat, saya coba cek iwanbanaran.com dan berhasil !!! sepertinya alamat tersebut sudah di treatment oleh penyedia layanan. 

iwanbanaran.com disuspend oleh wordpress.com

Sedikit flashback. Seperti yang pernah dibahas di artikel Case iwanbanaran.com, Hosting Diluar WordPress.com Sepertinya Lebih Baik, sempat beberapa waktu yang lalu blog iwanbanaran.com tidak bisa diakses lantaran di cekal oleh pihak wordpress.com dengan alasan ilegal ads, cmiiw. Dari situlah sepertinya kang iwanbanaran mutung dengan perlakuan tersebut. Wong blog dengan rating/hits tinggi mosok di banned dengan semena-mena. Maka terpikirkanlah untuk pindah kos alias pindah server/hosting-an. Setelah dikira cocok dengan salah satu hosting, yang ternyata adalah seekor buaya (sesuai gambar paling atas), maka dimulailah proses transfer dari hosting sebelumnya, wordpress.com, ke hostgator.com.

Proses transisi ini memang tidak mudah, apalagi jika sebelumnya owner belum melakukan back-up secara parsial atas file-file yang telah di publish. Kejadian iwanbanaran.com yang ‘dimakan buaya’ salah satunya (mungkin) karena adanya lag (proses tersendat) saat dilakukan transfer (ekspor/impor) data akibat ukuran file yang sudah terlalu besar, atau ketidaksingkronan-ketidakseingkronan yang lain. Wajar, namanya orang pidahan, jarang yang bisa ‘mulus-mulus’ saja.

Last, ini hanyalah rekaan saja, gak ada klarifikasi apapun dari pemilik iwanbanaran.com. So, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge