Salah Paham Seputar Blog/Situs yang Tersuspend (wordpress)

 blog suspended !!!

Rame blogospher yang membahas seleb otomotif, iwanbanaran.com, yang tersuspend oleh pihak wordpress, mencuatkan kembali kekhawatiran para blogger akan bayang-bayang suspended. Maklum, klo blog seleb dengan traffic tinggi saja bisa disuspend bagaimana dengan blog ecek-ecek ?. Apalagi beberapa waktu lalu sedang musim-musimnya blog-blog gratisan (free) wordpress.com juga kena suspend.

Sayangnya ada beberapa hal yang (menurut saya) perlu untuk diluruskan kaitannya dalam masalah ini. Tentunya sebatas pengetahuan saya.

1. TLD (Top Level Domain), jaminan gak bakal kena suspend.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ketika musim suspend datang, banyak blogger yang bermigrasi dari sub domain sub_domain.wordpress.com ke top level domain, .com, .info, .org, …dll. Dengan anggapan agar bebas dari suspend. Nyatanya iwanbanaran.com yang sudah benar-benar TLD tetap saja kena suspend. Kenapa ? karena domain tersebut masih menggunakan layanan hosting dari wordpress.com ? benar, tapi masih kurang. Perlu diketahui ketika kita melakukan upgrade wordpress dari free ke premium, pihak wordpress.com juga memaintain/mengelola semua-muanya, dari keamanan, backup data, dan fiture-fiture lain. User cukup mengurusi masalah konten saja. So, sebagai imbal baliknya (dalam beberapa hal) user harus tetep mematuhi TOS dari wordpress.com. Terutama masalah pemasangan iklan, gak bisa sembarangan.

Wah, rugi dong, sudah mbayar tapi gak bisa bebas. Betul, sebagai solusinya brader bisa memakai penyedia layanan hosting diluar wordpress.com. Mau yang lokal maupun interlokal, banyak pilihannya. Tapi ya itu tadi, brader juga harus siap untuk memaintain hostingan tersebut seorang diri. hehe…

sub domain : www.ini.itu.com, www.contoh.blog.com, www.sukanyamotor.blogspot.com

Top Level Domain (TLD) : www.itu.com, www.itu.info, www.anunya.com

2. Suspend terjadi karena intervensi.

Klo yang ini seratus persen salah, cmiiw. Lha emangnya jaman orde baru, klo gak suka tinggal dibredel gitu ? Tinggal transfer sejumlah uang terus minta pihak wordpress.com buat suspend situs x.wordpress.com habis perkara ? enggak bisa gitu brader. Pihak wordpress.com tentunya memiliki integritas yang tinggi. Klo kita gak suka terhadap sebuah blog karena isinya, yang bisa kita lakukan hanya sebatas pelaporan/report ke pihak wordpress.com, tidak lebih.

last, cmiiw…

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge