Case iwanbanaran.com, Hosting Diluar WordPress.com Sepertinya Lebih Baik

iwanbanaran.com tidak bisa diakses

Biasa, rutinitas harian tiap mo blogwalking larinya paling ke itu-itu saja. Pertamax.com, tmcblog.com, iwanbanaran.com, indobikermags.com atau triatmono.info… yahh, blog seleb di dunia otomotif, hehe…. Lainnya banyak, cuman yang terjaga update-annya dalam artian hampir tiap hari ada artikel nongol ya blog-blog tersebut tadi. Sayangnya, pagi ini dibikin kaget waktu klik enter iwanbanaran.com… halaman web gak nongol. Hanya pesan singkat dari wordpress.com ” iwanbanran.wordpress.com is no longer available. This blog has been archived or suspended for a violation or our Terms of Service.. “. Kok bisa ? padahal kan sudah berbayar ?


Kalo diperhatikan “iwanbanaran.wordpress.com…” memang agak aneh, wong top domain yang sudah-sudah wis iwanbanaran.com, gak ada embel-embel wordpress-nya. Kok bisa-bisanya di-redirect ke iwanbanaran.wordpress.com. Dipastikan menurut saya, cms yang kang iwan pakai merupakan upgrade dari versi free ke premiun tanpa pindah hostingan dari wordpress.com. So, ada kemungkinan meskipun itu kecil, blog kang iwan ini disamakan dengan blog-blog gratisan. Namanya juga pake satu server, dimana yang ‘free; maupun ‘premium’ bisa kecampur-campur saat rejadi random sampling.

Saran saya, mending pake wordpress sebatas cms-nya saja dari wordpress.org. Caranya dengan beli domain dan hosting pada layanan yang berbeda. Setelah itu pada bagian cpanel biasanya kita diberi opsi mengenai os/cms apa yang akan kita gunakan pada web kita, diantaranya adalah cms wordpress dari wordpress.org. Repotnya disini adalah, bahwa domain baru ini adalah benar-benar buku baru yang kosong yang hanya ada judul berupa alamat web kita. So, kita harus mengeksport semua artikel dari blog lama kita jika ingin artikel-artikel tersebut bisa diakses lewat situs baru ini tanpa re-direct. Agak repot memang, tapi daripada sudah repot-repot bayar tapi masih dikira gratisan pilih mana ?

Ngomongin masalah ‘blog’, memang cms wordpress lebih user friendly dan lebih popular ketimbang cms-cms yang lain. Tapi jika sudah beranjak ke hosting berbayar mending pake hostingan terpisah saja, meskipun cms-nya tetap pake wordpress.

Aseli, saya gak paham betul masalah beginian, just in my humble oppinion, so… cmiiw…

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge