Aprilia RS 125 2012 2 Stroke, Euro-3 Ready !!!

Aprilia RS 125 2012, karbu – two stroke, euro-3 !!! ((topspeed.com))

Setidaknya demikian klaim dari pabrikannya, bahwa Aprilia RS 125 terbaru edisi 2012-2013 sudah sangat euro-3 friendly. Penyematan catalytic converter dan seting karburasi yang tepat menjadikan Aprilia RS 125 sebagai sepeda motor 2 stroke berkarbu (satu-satunya) dengan emisi gas buang berstandar euro-3. Hal yang tentunya sangat luarbiasa untuk motor 2 stroke, apalagi hal ini dicapai dengan tanpa mengurangi performa dari engine motor tersebut.

Mesin rotax-aprilia, two stroke-single silinder, tak terkalahkan di sirkuit (arpem.com)

Keputusan Aprilia dengan tetap mempertahankan pemakaian karburator pada sistem pengkabutan di motor produksi mereka, two stroke pula, tentunya membuat berbagai kalangan cukup termehek-mehek. Mengingat saat ini banyak pabrikan sepeda motor khususnya jepang, berbondong-bondong berpindah ke sistem injeksi. Sementara untuk motor two stroke sendiri sebagian besar sudah diberangus dari rantai produksi mereka dengan menyisakan pabrikan kawasaki sebagai pemain tunggal melalui ninja 150 (itupun tinggal menunggu masa-masa kepunahannya saja).

Kawasaki Ninja 150, menunggu kepunahan ? (kawasaki-motor.co.id)

Bukan tanpa alasan Aprilia menempuh jalan ‘sesat’ ini, Kemenangan-kemenangan yang berhasil mereka kumpulkan di berbagai ajang balapan 125-250 cc pada kelas two stroke telah melambungkan nama Aprilia hingga mereka identik dengan motor two stroke berperforma tinggi. Citra inilah kiranya yang tidak ingin dibuang oleh Aprilia begitu saja.

Aprilia RS 125, when two stroke strike back ! (topspeed.com)

Melawan arus, anti mainstream. Mantap…

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge