Euro 3 Harus Injeksi ?

Euforia euro 3 

Ada yang menarik saat blogosphere lagi heboh-hebohnya ngebahas Kawasaki Bajaj Pulsar 200ns. Yups, semua menyayangkan teknologi karbu yang masih menempel di motor ini. Mengingat dalam hitungan bulan lagi standar euro-3 akan diterapkan di Indonesia. Dan disinilah letak keanehannya, dimana yang dipermasalahkan di Peraturan Menteri Lingkungan Hidup 23/2012 adalah standar emisi-nya bukan teknologi pengkabutan yang digunakan.

Padahal kita semua belum tahu, karena belum ada bukti hasil uji emisi, apakah sistem karbu yang disematkan pada  Kawasaki Bajaj Pulsar 200ns ini layak ataukah tidak dengan standar euro-3 yang akan diterapkan. Pun demikian halnya dengan motor-motor berinjeksi yang dijual dipasar Indonesia. Apakah dari kita ada yang pernah melihat/membaca release resmi dari pabrikan yang menyatakan bahwa produk ‘ini’ berinjeksi dan sudah lolos sertifikasi uji emisi euro-3 ? Kebanyakan hanya ‘katanya’ dan ‘katanya’. Kebanyakannya lagi juga masih euro-2 (itupun katanya).

Value yang superior akankah mampu membendung isu ‘motor karbu’ (euro3) ?

Apakah ini semacam upaya (melalui corong para bloger & media) untuk membentuk opini yang kontraproduktif dengan direlease-nya Kawasaki Bajaj Pulsar 200ns ? untuk mengurangi trust para calon pembeli-nya ? untuk membentengi market kompetitor ? Who knows ?
8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge