BAJAJ akan Meninggalkan Indonesia ?

Baru aja beberapa waktu lalu terbetik kabar bahwa BAJAJ akan melakukan penetrasi  ke pasar motor Indonesia dengan menggandeng pabrikan Kawasaki, lha kok terbetik isu dari blog-nya kang iwan kalo BAJAJ akan sedikit demi sedikit menarik diri dari Indonesia. Mosok seh ?
 BAJAJ akan meninggalkan Indonesia ?

Sayangnya sejauh ini belum ada konfirmasi secara langsung dari pihak Bajaj Auto Indonesia mengenai isu (tidak sedap) tersebut. Tapi, sukanyaMOTOR menganggap isu tersebut berasa absurd kadarnya, berdasarkan beberapa parameter yang bisa dijadikan acuan.

 Kawasaki, Partner baru BAJAJ di Indonesia
Parameter pertama adalah adanya hubungan kerjasama baru antara BAJAJ dan KAWASAKI untuk memantain market Indonesia. Menilik perkataan Mr. Rajiv Bajaj, Managing Director Bajaj Auto Ltd (BAL) bahwa tujuan utama kerjasama ini adalah untuk meminimalisir kerugian yang mungkin akan didapatkan di Indonesia, mengindikasikan bahwa BAJAJ justru ingin lebih intens lagi dalam melakukan penetrasi ke pasar Indonesia. Karena dari kerjasama ini BAJAJ akan memiliki keleluasaan untuk menggunakan dealer resmi KAWASAKI sebagai media penjualan dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan sebelumnya.
Pulsar 200ns, bukti keseriusan BAJAJ menggarap pasar Indonesia ?
Parameter kedua, dari kerjasama tersebut direncanakan akan dihadirkan BAJAJ pulsar 200ns ke pasar Indonesia pada mei 2013 ini. Kalau tidak serius mana mungkin pabrikan akan membawa produk flagship-nya (pulsar 200ns) tersebut sebagai produk yang akan dilaunching pertamakali ?. Dan rencananya setelah pulsar 200ns akan mengikuti produk-produk BAJAJ yang lain, yang tidak menutup kemungkinan KTM Duke juga akan dipasarkan melalui jalinan kerjasama ini. cmiiw. So, tampak begitu jelas masterplan BAJAJ dalam menggarap market Indonesia kan ?
 Tidak menutup kemungkinan, KTM Duke akan mengakrabi dealer-dealer kawasaki tanah air

Parameter ketiga, menilik laporan dari Router bahwa ditahun 2012 BAJAJ merupakan produsen terbesar ketiga (setelah Honda dan Hero Corp) di dunia, apakah mungkin BAJAJ akan meninggalkan Indonesia sebagai pasar sepeda motor terbesar ke-tiga (setelah China dan India) di dunia ? hal yang tidak mungkin sepertinya. 

Jadi, untuk sementara acuhkan BAI, yang dari waktu ke waktu, jumlah dealer resminya semakin berkurang. Mungkin bersama KAWASAKI, konsumen BAJAJ di Indonesia akan termaintain dengan lebih baik. Semoga saja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge