​Lebih Mahal dari Mitsubishi Xpander, Yamaha TMax DX Tetap Laris Manis

Yamaha TMax DX diekspor langsung dari Jepang untuk pasar Indonesia
Yamaha TMax DX diekspor langsung dari Jepang untuk pasar Indonesia

Lebih Mahal dari Mitsubishi Xpander, Yamaha TMax DX Tetap Laris Manis. Setidaknya sudah ada 40 Yamaha TMax DX yang sudah dipesan dari rencana Yamaha Motor Manufacturing Indonesia memasukkan 60 Yamaha TMax DX langsung dari Jepang. Hal ini menunjukkan antusiasme pasar yang sangat tinggi mengingat harga Yamaha TMax DX sendiri belum diumumkan secara resmi oleh YIMM.

Rencananya Yamaha TMax DX ini baru akan diperkenalkan pada bulan Februari tahun 2018. Belum ada bocoran pasti berapa harga yang akan disematkan pada motor ini, hanya saja diperkirakan tidak akan jauh dari angka Rp. 300jt.

“Yang pasti ada di kisaran Rp300 juta,” kata Eddy Ang dalam siaran pers kepada Tempo, Minggu, 3 Desember 2017.

Dapur pacu Yamaha TMax DX ini dibekali Forward-inclined Parallel 2 Silinder 4 katub, DOHC 530cc, Yamaha TMax DX ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 33,kW pada 6.750 rpm dan torsi 53 Nm pada 5.250 rpm. Sayang, bobotnya yang ada di angka 216kg sepertinya cukup mempengaruhi performa Yamaha TMax DX.

Facia Yamaha TMax DX, cantik beneerrr...
Facia Yamaha TMax DX, cantik beneerrr…

Sedikit berbeda dengan Yamaha TMAX versi standard, Yamaha TMax DX ini dibekali tekhnologi YCC-T, akronim dari Yamaha Chip Component Throttle. Sebuah tekhnologi canggih yang biasa ada pada motor Yamaha berperforma tinggi seperti Yamaha YZF R1-M. ECU 32 bits mampu merespon perputaran tuas gas secara spontan yang memberikan input paling tepat pada mesin.

Tak cuma tekhnologi YCC-T saja, Yamaha TMax DX ini juga menggendong segudang fiture wah. Apa sajakah itu ? Yuk cek satu per satu.

Panel pengaturan mode berkendara pada Yamaha TMax DX
Panel pengaturan mode berkendara pada Yamaha TMax DX

D-MODE
Ini adalah mode pengendaraan. Dimana terdapat dua pilihan mode pengendaraan. Yaitu ; Town (T) dan Sport (S). Dengan penjabaran mode Town akan memberikan respon yang lebih santai dengan pemakaian bahan bakar yang lebih efisien serta model pengendaraan yang lebih santai.

Sementara untuk mode Sport akan memberikan karakter mesin yang lebih sportif, responsif. Mesin akan bekerja lebih sigap dan galak dengan konsekuensi pemakaian bbm tentunya lebih boros ketimbang mode Town.

Cukup pencet saja
Cukup pencet saja

CRUISE CONTROL
Fitur yang biasa ditemukan pada mobil ini berfungsi agar kecepatan berkendara bisa dijaga secara konstan. Pengaturannya sangat mudah karena cukup dengan memencet tombol yang berada di stng bagian kiri saja. Kecepatan pun bisa diatur dengan sangat mudah karena ergonomi tombol yang aduhai. Namun ada satu hal yang perlu diingat agar fiture ini bisa bekerja yaitu kecepatan minimal motor adalah 50kpj.

Windshield ini dilengkapi dengan motor untuk mengatur ketinggian windshield sesuai kebutuhan
Windshield ini dilengkapi dengan motor untuk mengatur ketinggian windshield sesuai kebutuhan

E-Adjustable Windscreen
Ada yang menyebutnya windshield, pelindung terhadap terpaan angin saat berkendara. Pada Yamaha TMax DX, windshield ini bisa diatur posisi ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan. Windshield bisa bergerak dari ketinggian standar 1.420mm ke level 1.555mm. Sebagaimana D-MODE, pengaturan E-Adjustable Windscreen ini cukup dengan menekan tombol di bagian stang sebelah kiri, maka motor pada windshield akan bergerak sesuai dengan yang kita inginkan.

TRACTION CONTROL
Adalah fiture yang berguna untuk meredam kekuatan mesin agar tenaga tidak terlalu liar tersalur ke ban khususnya ketika berakselerasi. Saat Traction control ini di non aktifkan, maka tenaga akan mengalir tanpa batas.

Piranti pengereman depan Yamaha TMax DX sudah double disk brake
Piranti pengereman depan Yamaha TMax DX sudah double disk brake

FRONT DOUBLE DISC BRAKE
Yamaha TMax DX ini sudah dilengkapi piranti pengamanan berupa dua cakram pada dua sisi yang siap mengawal perputaran ban dalam perjalanan.

Fiture Yamaha TMax DX
Fiture Yamaha TMax DX

Kemudian ada fiture keyless, suspensi depan upside down, suspensi belakang sudah dilengkapi pengaturan rebound serta tak lupa piranti rem parkir agar motor tidak berjalan sendiri manakala diparkir.

Yamaha TMax DX Spesification :

Engine

Engine type Forward-inclined parallel 2-cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valves
Displacement 530.0cc
Bore x stroke 68.0 mm x 73.0 mm
Compression ratio 10:9 : 1
Maximum power 33.8 kW @ 6,750 rpm
Maximum torque 53.0 Nm @ 5,250 rpm
Lubrication system Dry sump
Fuel system Fuel Injection
Ignition system TCI
Starter system Electric
Transmission system V-Belt Automatic
Fuel consumption N/A
CO2 emission N/A

Chassis

Front suspension system Telescopic forks
Front travel 120 mm
Rear suspension system Swingarm
Rear travel 117 mm
Front brake Hydraulic dual disc, Ø 267 mm
Rear brake Hydraulic single disc, Ø 282 mm
Front tyre 120/70-15
Rear tyre 160/60-15

Dimensions

Overall length 2,200 mm
Overall width 765 mm
Overall height 1,420-1,555 mm (adjustable windscreen)
Seat height 800 mm
Wheelbase 1,575 mm
Minimum ground clearance 125 mm
Wet weight 216 kg
Fuel tank capacity 15 litres

Last, cmiiw…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge